Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10+ Jurusan Kuliah IPA yang Menjanjikan Di Masa Depan

jurusan kuliah ipa yang menjanjikan

Cecepkocep.com - Pemilihan jurusan termasuk hal yang harus dipertimbangkan secara matang sebelum memutuskan untuk kuliah. Apalagi kalau kamu ingin mengambil kuliah jurusan IPA yang dikatakan memiliki prospek menjanjikan di masa depan. Banyak jurusan kuliah ipa yang menjanjikan yang bisa kamu pertimbangkan.

Memilih jurusan kuliah yang memiliki prospek entu akan meningkatkan kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Jurusan kuliah IPA yang jarang diminati akan memperkecil kemungkinan kamu untuk mendapatkan pekerjaan. Tapi, pemilihan jurusan kuliah tidak bisa menjamin 100% mudah dapat pekerjaan.

Jurusan Kuliah IPA yang Menjanjikan

Nah pada artikel kali ini penulis akan memberikan daftar jurusan kuliah yang memiliki prospek menjanjikan di masa depan. Tapi artikel ini dikhususkan untuk jurusan IPA saja ya. Berikut ini adalah daftar jurusan kuliah ipa dan penjelasannya yang punya prospek bagus.

1. Kedokteran

Kedokteran menjadi jurusan yang paling banyak didambakan oleh sebagian besar siswa. Tidak hanya siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan, anak-anak juga memiliki cita-cita menjadi dokter. Ya, cita cita yang cocok untuk jurusan IPA salah satunya adalah kedokteran.

Kedokteran memang merupakan jurusan kuliah IPA yang memiliki prospek yang bagus di masa depan. Karena setiap orang yang sakit pasti membutuhkan dokter. Selama masih ada orang yang sakit, dokter masih sangat dibutuhkan.

Selain memiliki prospek yang sangat baik, jurusan kedokteran juga sangat luas dan memiliki berbagai spesialis. Misalnya dokter gigi, dokter anak, dan sebagainya.

Meskipun begitu, tentu tidak mudah untuk bisa masuk kuliah ke jurusan kedokteran. Selain harus memiliki biaya yang besar, mereka juga harus memiliki prestasi akademik yang sangat baik hingga sampai diterima di jurusan kedokteran.

Kedokteran ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan mata pelajaran IPA seperti Biologi dan Kimia. Kedua mata pelajaran itulah yang akan banyak dipelajari di jurusan kedokteran.

2. Teknik Sipil

Teknik Sipil merupakan jurusan kuliah yang mempelajari tentang perancangan bangunan. Tidak hanya itu, jurusan ini juga akan mempelajari bagaimana cara merawat dan merenovasi bangunan yang sudah ada. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan ilmu bangunan.

Ketika akan kuliah di jurusan teknik sipil, kamu memerlukan kemampuan menghitung yang baik. Oleh sebab itu mata pelajaran Matematika dan Fisika merupakan fondasi yang harus dimiliki jika ingin kuliah di jurusan ini.

Prospek jurusan teknik sipil sangat bagus di masa depan karena dari waktu ke waktu banyak infrastruktur yang dibangun di Indonesia. Teknik ini sangat dibutuhkan untuk membangun sebuah gedung ataupun fasilitas umum lainnya. Gaji yang ditawarkan oleh perusahaan pun juga tidak main-main.

3. Teknik Arsitektur

Kalau teknik sipil mempelajari tentang teknik pembangunan, teknik arsitektur mempelajari tentang mendesain bangunannya. Nantinya kamu juga akan berkutat dengan perencanaan dan konstruksi bangunan. Bahkan kamu juga harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti estetika dan dampak ke lingkungan.

Untuk kuliah di jurusan ini, kamu harus memiliki kemampuan menghitung dan analisis yang baik. Sangat cocok untuk kamu yang suka dengan mata pelajaran Matematika, Fisika, dan desain. Kemampuan desain tentu sangat diperlukan karena kamu harus bisa mendesain bangun yang disertai dengan berbagai pertimbangan.

Prospek kedepannya untuk jurusan teknik arsitektur ini juga sangat bagus karena saat ini pemerintah maupun pihak swasta telah memberikan perhatian lebih pada pembangunan.

4. Farmasi

Farmasi merupakan jurusan untuk anak IPA perempuan maupun laki-laki karena memiliki prospek yang menjanjikan di masa depan. Farmasi juga menjadi salah satu tenaga ahli yang masih banyak dibutuhkan di Indonesia. Di jurusan ini kamu akan belajar banyak tentang obat.

Tidak hanya membuat obat saja, kamu juga harus bisa menganalisis kandungan dari berbagai produk seperti produk makanan dan kosmetik. Oleh sebab itulah Farmasi menjadi jurusan kuliah yang memiliki lapangan pekerjaan yang luas. Apalagi sekarang industri makanan dan kosmetik tengah berkembang pesat di Indonesia.

Jurusan Farmasi ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan mata pelajaran Kimia dan Biologi. Selain kedokteran, kamu juga bisa memilih jurusan ini sebagai alternatif.

5. Teknik Informatika

Sekarang adalah era digital, sehingga para ahli di bidang sangat dibutuhkan baik itu skala nasional maupun internasional. Perkembangan teknologi informasi semakin berkembang, bahkan sekarang sudah marak yang menggunakan sistem daring. Oleh karena itu prospek jurusan teknik Informatika terbilang sangat cemerlang.

Peluang kerja lulusan teknik Informatika juga sangat luas, sehingga kesempatan kamu untuk bekerja setelah lulus sangat terbuka lebar. Ketika kuliah di jurusan ini, kamu akan belajar banyak tentang komputer, software, hardware, dan sebagainya.

Kamu membutuhkan kemampuan algoritma (matematika dan logika) yang sangat baik ketika akan kuliah di jurusan ini. Sehingga jurusan Teknik Informatika ini sangat cocok untuk kamu yang suka mata pelajaran Matematika logika.

6. Teknik Mesin

Teknik mesin merupakan jurusan kuliah yang akan mempelajari tentang penerapan dari prinsip fisika. Tidak hanya itu, di dalamnya juga akan belajar tentang mendesain mesin, manufaktur, dan analisis suatu mesin serta pemeliharaannya. 

Jurusan ini memiliki prospek yang cerah terlebih sekarang ini kita juga tidak bisa lepas dari mesin. Misalnya adalah sepeda motor dimana kendaraan ini sudah banyak digunakan untuk mempermudah kehidupan sehari-hari kia.

Banyak orang yang bilang kalau lulusan teknik mesin itu akan bekerja di bengkel motor atau mobil saja. Itu tidaklah benar karena setelah lulus nanti kamu juga bisa bekerja di balik meja dengan menjadi engineer atau maintenance planner.

Jurusan Teknik Mesin ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan mata pelajaran Fisika dan Matematika. Setelah lulus nanti, kamu juga  bisa bekerja di perusahaan luar negeri seperti Jepang. Jadi tak ada salahnya untuk menjajal jurusan ini.

7. Teknik Elektro

Ketika kuliah di jurusan ini, kamu akan belajar banyak tentang sifat-sifat elektron atau listrik. Kamu juga akan belajar tentang cara memanfaatkan listrik sebagai sumber kehidupan manusia. Nah, jurusan ini juga memiliki cabang ilmu yang luas seperti Instrumentasi, Elektronika, hingga Teknik Komputer dan Telekomunikasi.

Ketika lulus nanti, kamu bisa bekerja di banyak perusahaan mengingat ilmu ini bisa diterapkan di berbagai industri. Kamu bisa bekerja sebagai teknisi robot, operator pabrik, atau bahkan dosen. Gaji yang ditawarkan untuk lulusan ini juga terbilang sangat besar.

Untuk kuliah di jurusan ini, kamu memerlukan kemampuan Fisika dan Matematika yang sangat baik.

8. Teknik Industri

Setiap industri pasti membutuhkan keahlian yang berasal dari teknik Industri. Ini adalah turunan dari teknik mesin, sehingga kamu memerlukan kemampuan Matematika dan Fisika yang baik ketika ingin kuliah di jurusan ini. Tapi di jurusan Industri kamu juga akan belajar tentang fisiologi hingga manajemen.

Fokus utama dari jurusan Industri ini yaitu untuk merancang, meningkatkan, dan memasang sistem yang terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, peralatan, material, dan energi. Kamu bisa bekerja di perusahaan-perusahaan yang besar jika lulus nanti.

Oleh sebab itu jurusan Teknik Industri ini memiliki prospek yang cukup menjanjikan di masa mendatang. Terlebih gaji yang diberikan oleh perusahaan yang juga tidak main-main.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Banyak Praktikum yang Bisa Kamu Pilih

9. Teknik Pertambangan dan Perminyakan

Teknik Pertambangan dan Perminyakan menjadi jurusan yang banyak diminati oleh banyak siswa dalam beberapa waktu ke belakang ini. Pasalnya gaji yang ditawarkan oleh perusahaan kepada ahli pertambangan dan perminyakan sangatlah besar. Permintaan ahli ini juga sangat sbanyak baik di dalam maupun luar negeri.

Tapi sayang hanya beberapa kampus saja yang menyediakan jurusan ini, itupun dengan kuota yang terbatas. Ketika kuliah di jurusan ini, kamu akan belajar banyak tentang proses pertambangan dan perminyakan. Kamu harus memiliki kemampuan Kimia dan Biologi untuk kuliah di jurusan Pertambangan dan Perminyakan.

10. Pertanian

Tak perlu dipertanyakan lagi jika Indonesia memiliki lahan pertanian yang sangat luas. Bahkan Indonesia dikenal sebagai negara agraris meskipun saat ini sudah banyak lahan-lahan pertanian dialih fungsikan. Meskipun begitu, lahan pertanian Indonesia masih luas, sehingga para ahli pertanian masih tetap dibutuhkan.

Pertanian adalah jurusan IPA yang tidak banyak menghitung karena karena akan lebih banyak bergelut di bidang Biologi dan Kimia. Jurusan ini juga memiliki cabang ilmu yang luas seperti Agribisnis dan Agroteknologi. Kamu akan belajar banyak tentang inovasi-inovasi yang bisa memajukan pertanian Indonesia.

11. Teknik Nuklir

Nuklir merupakan bahan yang sangat berbahaya, bahkan banyak orang yang takut ketika mendengarnya. Tapi, nuklir ini tidak berbahaya jika diterima oleh tubuh dengan dosis yang wajar. Salah satu universitas yang menyediakan jurusan ini adalah Universitas Gadjah Mada (UGM).

Buat kamu yang suka dengan mata pelajaran Kimia sangat cocok untuk kuliah di jurusan Teknik Nuklir. Keahlianmu setelah lulus nanti sangat diperlukan, terutama oleh negara-negara maju. Bahkan kamu bisa memajukan negara Indonesia sehingga bisa bersaing dengan negara lainnya.

12. Matmatika

Siapa bilang kalau orang yang kuliah di jurusan Matematika hanya bisa menjadi guru atau dosen saja? Pendapat itu tak sepenuhnya benar, karena jurusan ini memiliki bidang pekerjaan yang sangat kompleks. Misalnya menjadi seorang programmer yang dikenal memiliki gaji yang sangat besar.

Hanya saja sebagian orang itu takut karena ketika di kuliah di jurusan ini akan selalu berhubungan dengan Matematika. Tapi sebenarnya mata pelajaran ini memiliki jangkauan yang sangat luas. Bahkan menjadi fondasi untuk jurusan lainnya seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Matematika termasuk salah satu jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan maupun laki-laki. Karena setidaknya setelah lulus nanti bisa bekerja sebagai dosen maupun guru. Tapi jika punya keinginan yang kuat, kamu bisa menjadi seorang profesor yang memiliki gelar yang banyak.

Daftar jurusan kuliah di atas memang tidak sepenuhnya akan menjamin kamu bisa langsung bekerja setelah lulus nanti. Tapi selama kuliah, pastikan untuk membekali diri sebanyak-banyaknya. Pastikan juga memiliki relasi yang luas, sehingga kemungkinan untuk langsung kerja setelah lulus bisa terbuka lebar.

Baca juga: Masalah Kuliah Dalam Kuliah yang Bakal Dihadapi Mahasiswa

Itulah beberapa jurusan kuliah ipa yang menjanjikan di masa mendatang yang juga bisa kamu pertimbangkan. Semoga bisa membantu kamu yang ingin kuliah tapi bingung untuk menentukan jurusan. Karena memilih jurusan yang tepat akan membuat karir kamu di masa mendatang semakin cerah.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "10+ Jurusan Kuliah IPA yang Menjanjikan Di Masa Depan"

Berlangganan via Email