Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Manfaat Kuliah untuk Kehidupan yang Lebih Baik

manfaat kuliah

Cecepkocep.Pendidikan dan skill merupakan beberapa faktor yang bisa menentukan karir seseorang di masa depan. Pihak perusahaan tentu saja ingin merekrut karyawan yang memiliki skill yang baik. Karena itulah manfaat kuliah itu akan berpengaruh pada karir seseorang meskipun tidak begitu signifikan.

Tapi sayangnya tidak sedikit mahasiswa yang selalu terpaku untuk mendapatkan IPK yang tinggi ketika kuliah. Karena sudah banyak perusahaan yang tidak mementingkan masalah nilai untuk merekrut karyawannya. Ada sesuatu yang lebih besar daripada IPK yang besar.

10 Manfaat Kuliah untuk Kehidupan Kamu

Nah pada artikel ini kamu akan mengetahui manfaat yang akan didapatkan ketika kuliah. Kamu jangan khawatir ataupun nervous terhadap dunia perkuliahan, justru jadikan ini tantangan. Berikut ini adalah manfaat kuliah yang akan kamu dapatkan.

1. Bisa Hidup Lebih Mandiri

Ketika menempuh studi di bangku perkuliahan, khususnya untuk kamu yang merantau dari luar kota, pasti akan hidup berpisah dari orang tua. Kondisi ini tentu saja akan membuat kamu hidup lebih mandiri. Kamu harus bisa manajemen keuangan dengan baik di setiap bulannya.

Bahkan kamu harus berusaha nyari uang sendiri untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan kampus. Tak heran jika di kampus-kampus banyak mahasiswa yang rela mengesampingkan egonya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan berjualan.

Tidak hanya dari sisi finansial, kamu juga harus bisa mempersiapkan segala hal seorang diri seperti mencuci pakaian, mencari makanan, dan sebagainya. Di awal-awal mungkin kamu akan kaget dengan kondisi kehidupan seperti ini, tapi jika sudah lama akan terbiasa.

2. Memperluas Pengetahuan

Mahasiswa itu memang dikenal sebagai kaum yang intelektual. Pandangan masyarakat tentang hal itu memang tidak keliru karena selama kuliah kamu akan mendapat sekali wawasan dan pengetahuan. Keduanya bisa didapatkan baik dari bangku perkuliahan maupun kegiatan lain di kampus.

Akan lebih menarik lagi kalau kita itu kuliah di kampus yang berada di kota-kota besar seperti Bandung. Kamu akan bertemu dengan teman-teman dari kota lainnya seperti Padang, Makassar, Surabaya, dsb. Hal ini tentu akan membuat kita semakin banyak berkembang baik, terutama dari sisi wawasan.

3. Bisa Manajemen Waktu dengan Baik

Pentingnya kuliah untuk kamu yaitu bisa manajemen waktu dengan baik karena kebiasaan ini juga akan berdampak pada karir kamu di masa mendatang. Hidup mandiri juga memaksa kamu untuk bisa memanajemen waktu dengan baik. Kamu harus tahu kapan harus ngerjain tugas, kapan untuk belajar, dan sebagainya.

Kehidupan kuliah yang padat juga memaksa kamu harus bisa bekerja secara produktif. Kamu harus bisa menentukan mana pekerjaan yang diprioritaskan dan tidak. Oleh karena itu kamu harus tahu tips menjadi mahasiswa yang produktif, bukan mahasiswa sibuk.

4. Menjadi Seseorang yang Kritis

Cara belajar di SMA tentu saja sangat berbeda dengan di bangk perkliahan. Karena ketika kuliah itu proses pembelajaran tidak hanya akan terpusat pada guru. Kalian harus bisa mengeksplor sendiri, sehingga bisa melatih nalar kamu untuk mengembangkan ilmu.

Hal yang paling dibutuhkan untuk melatih nalar itu dengan selalu berpikir kritis. Karena itu tidak heran jika para mahasiswa itu memiliki pola pikir yang kritis, meskipun itu adalah perkara yang sangat kecil. Dengan berpikir kritis, kita tidak akan menelan segala sesuatu dengan begitu saja.

Kemampuan ini tentu saja sangat berguna, terutama untuk memecahkan suatu permasalahan. Kamu tidak hanya akan berpikir pada satu perspektif saja, tapi kamu akan berpikir lebih jauh lagi. Sehingga keputusan yang bisa kamu ambil adalah yang paling terbaik.

5. Bisa Lebih Percaya Diri

Kamu tentu saja akan memiliki percaya diri yang lebih tinggi ketika menjadi mahasiswa. Apalagi ketika kuliah di kampus-kampus ternama seperti UI, ITB, dan UGM. Kamu tentu akan lebih pede menjawab ketika ada teman ada yang sodara yang nanya “kuliah dimana kamu sekarang?”

Tapi jangan sampai menjawab secara berlebihan ya. Karena kuliah itu tidak akan menjamin kamu bisa lebih sukses dari orang lain.

6. Peluang Besar untuk Dapat Pekerjaan

Dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, kamu memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk bekerja di perusahaan. Apalagi sekarang ini telah banyak perusahaan yang ingin merekrut karyawan dengan lulusan sarjana ataupun diploma. 

Tapi satu hal yang diperhatikan ya, kuliah itu tidak akan menjamin bahwa kamu akan dapat pekerjaan dengan mudah. Meskipun kamu kuliah di kampus-kampus yang sudah tenar, kamu mungkin saja akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Apalagi kalau melamar pekerjaan dengan bermodalkan IPK saja.

Tujuan kuliah itu untuk mencari ilmu, bukan untuk mendapatkan pekerjaan. Kuliah hanya sebagai jembatan saja supaya kamu memiliki peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan.

7. Peluang Mendapat Pendapatan Lebih Besar

Saat ini tak sedikit perusahaan yang menginginkan karyawan yang memiliki kemampuan spesifik. Sehingga potensi untuk mendapatkan banyak penghasilan akan menjadi lebih besar. Tapi hal itu juga bergantung pada perusahaan yang kamu lamar.

Kamu tentu saja akan mendapatkan gaji yang lebih besar lagi jika posisi di perusahaan sudah semakin tinggi. Hal ini akan berimbas pada kemandirian finansial kamu. Jika bisa manajemen keuangan dengan baik, kamu bisa dengan cepat untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan seperti beli kendaraan atau rumah.

Baca juga: 10 Peluang Usaha Sampingan Kuliah untuk Mahasiswa Rantau

8. Mendapatkan Jodoh

Tak sedikit orang yang menemukan kekasihnya ketika sedang menjadi mahasiswa. Bahkan ada juga yang sudah menjalin hubungan sejak awal kuliah hingga akhirnya bisa berujung pada pernikahan. Sehingga kamu memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk mendapatkan jodoh.

Tapi sebaiknya kamu jangan terlalu tergiur dengan masalah percintaan terlebih dahulu. Ingat kalau tugas kamu itu adalah menuntut ilmu.

9. Memperoleh Banyak Relasi

Dimanapun kamu kuliah pasti akan menjalin hubungan dengan lebih banyak orang. Sebagai mahasiswa, kamu akan dipertemukan dengan teman-teman yang berasal dari suku, budaya, ras, dan agama yang berbeda. Sehingga kampus menjadi salah satu tempat yang strategis untuk membangun relasi.

Untuk mencapainya, kamu harus mengikuti berbagai kegiatan kampus maupun organisasi. Pastikan untuk menjaga etika dan bersikap ramah kepada mereka ya. Jangan sampai menjadi mahasiswa kupu-kupu yang hanya memiliki teman itu-itu saja, sehingga relasinya sangat sedikit.

10. Memberikan Manfaat pada Keluarga

Kuliah itu tidak hanya berfokus pada diri sendiri saja, tapi juga terhadap orang lain. Ilmu yang kamu dapatkan selama di bangku perkuliahan bisa ditularkan lagi kepada kepada anak-anak dan istri. Bahkan ilmu yang kamu dapatkan itu bisa berguna untuk membangun keluarga yang harmonis.

Terlebih lagi ketika kamu nantinya memiliki anak karena mereka memiliki sumber daya yang sangat unggul. Tentu saja kamu akan kesulitan untuk membina anak-anak jika memiliki wawasan yang rendah.

Apakah kuliah menjamin sukses seseorang? Tentu saja tidak ya karena semua kembali lagi kepada kerja kerasnya. Itulah beberapa manfaat kuliah yang akan kamu dapatkan ketika menjadi mahasiswa. Semoga bermanfaat.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "10 Manfaat Kuliah untuk Kehidupan yang Lebih Baik"

Berlangganan via Email