Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Peringkat Universitas Di Inggris Tahun 2021 versi THE

Salah satu negara yang menjadi tempat favorit untuk pelajar Indonesia adalah Inggris atau United Kingdom. Negara Ratu Elizabeth ini memang terkenal dengan banyaknya universitas tertua di dunia. Bahkan peringkat Universitas di Inggris ini sudah sangat menjadi buruan banyak orang dari belahan dunia.

Tidak hanya hanya itu, perguruan tinggi ternama di Inggris juga sudah mendapatkan banyak apresiasi di bidang penelitian. Kredibilitas untuk pendidikan di Inggris memang tak perlu diragukan lagi. Negara ini juga sudah menghasilkan para ilmuwan yang berkualitas di dunia.

Daftar Peringkat Universitas di Inggris versi THE

peringkat universitas di inggris

Nah, pada artikel kali ini Cecepkocep akan memberikan ulasan mengenai universitas terbaik di Inggris 2021 versi The Times Higher Education (THE) World University Ranking. Terdapat 1.500 universitas yang masuk ke dalam rangking ini. Yuk langsung saja kita simak pembahasannya di bawah.

1. Universitas Oxford

Universitas Oxford menjadi perguruan tinggi tertua di negeri ratu Elizabeth. Universitas Oxford tidak hanya menjadi universitas terbaik di Inggris, tapi menjadi universitas terbaik di dunia tahun 2021 versi THE. Dengan begitu, Oxford menjadi universitas bergengsi di dunia.

Terletak di kota Oxford, Inggris, Universitas ini berdiri sejak abad ke-11 lalu. Universitas ini telah melahirkan banyak ilmuwan terkemuka dan diantaranya sudah mendapatkan hadiah Nobel. Dengan mengoleksi 11 juta koleksi buku, Universitas Oxford memiliki perpustakaan terbesar di Inggris.

Kamu tentu kenal dengan salah satu artis cerdas Indonesia, Maudy Ayunda? Ya, dia adalah salah satu pelajar Indonesia yang berhasil lulus dari Universitas terbaik di dunia. Apa kamu ingin kuliah di kampus terbaik ini?

2. Universitas Cambridge

Pada tahun 1209 lalu, konon katanya beberapa sarjana dari Universitas Oxford. Karena mereka harus terlibat permasalahan dengan para penduduk di sekitar Oxford. Perhimpunan mahasiswa tersebut akhirnya kabur ke kota Cambridge dan mendirikan universitas Cambridge.

Meskipun adalah pecahan dari Universitas Oxford, tapi Cambridge juga mampu menjadi salah satu universitas bergengsi di Britania Raya. Persaingan antara kedua kampus ini sangat ketat, sehingga banyak masyarakat yang menjulukinya sebagai Oxbridge.

Kedua universitas tersebut memiliki tingkat seleksi yang sangat luar biasa susahnya. Wajar saja karena keduanya adalah universitas terbaik di Inggris, bahkan di dunia.

Untuk perguruan terbaik di dunia versi THE tahun 2021, Universitas Cambridge harus puas berada di urutan ke-6. Sehingga untuk saat ini Universitas Cambridge masih berada di bawah Universitas Oxford yang berada di urutan pertama.

3. Imperial College London

Imperial College menjadi universitas terbaik ketiga di Inggris dan ke-11 di dunia versi THE. Perguruan tinggi ini menjadi universitas di Inggris jurusan kedokteran, teknik, ilmu pengetahuan, dan bisnis. Tapi, universitas ini memang terkenal dengan jurusan kedokterannya.

Imperial College London mengoperasikan Lee Kong Chian School of Medicine yang berada di Singapura. Kemudian juga sudah bermitra dengan Nanyang Technological University. Tak heran jika universitas ini selalu muncul di ranking perguruan tinggi terbaik di dunia.

4. University College London (UCL)

Terletak di Bloomsbury, London, Inggris, University College London menjadi universitas riset publik. UCL juga termasuk salah satu kampus ternama dan tertua di London. Awalnya, universitas ini diberi nama Universitas London karena didirikan sebagai lembaga pendidikan yang sekuler.

Jurusan di universitas London ini sangat beragam karena memiliki 10 fakultas. UCL  menjadi universitas terbaik keempat di Inggris dan berada di urutan ke-16 di dunia versi THE tahun 2021.

Baca juga: Tips Menjadi Mahasiswa Produktif yang Terbuktif Efektif

5. London School of Economics and Political Science (LSE)

Sekitar 70% mahasiswa di LSE adalah mahasiswa di luar dari negara Inggris. Kampus ini memang terkenal dengan jurusan Filsafat, sejarah, politik, ekonomi, dan hukum. Banyak sekali afiliasi LSE yang mendapatkan nobel di bidang ekonomi

LSE menjadi universitas terbaik ke-5 di Inggris dan universitas terbaik ke-27 di dunia versi THE .Salah lulusan terbaik LSE dan sudah mendapatkan nobel di bidang ekonomi adalah mantan Perdana Menteri Inggris, Clement Richard Attlee.

6. Universitas Edinburgh

Universitas Edinburgh menjadi perguruan tinggi terbaik ke-6 di Inggris dan terbaik ke-30 di dunia versi THE untuk tahun 2021. Universitas ini memiliki tiga jurusan besar, tapi masih dibagi-bagi ke dalam banyak program studi. 

Jurusan terbesar tersebut adalah Kedokteran dan kedokteran hewan, Humaniora dan Ilmu Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknik. Berdiri pada tahun 1583, Universitas Edinburgh menjadi perguruan tinggi dengan bangunannya yang sangat antik di Skotlandia, Inggris.

7. King's College London (KCL)

Universitas yang satu ini didirikan oleh Raja George IV dan Duke of Wellington pada tahun 1829. Berada di pusat kota London, KCL menjadi salah satu pendidikan terbesar untuk sarjana dan pascasarjana medis. Selain itu, KCL menjadi universitas terbaik untuk pengajaran dan penelitian biomedis di Eropa.

King’s College London berada di urutan ke-35 sebagai perguruan terbaik di dunia tahun 2021 versi THE. Kampus ini sangat cocok untuk kamu yang sangat tertarik dengan dunia medis. Karena kredibilitasnya tak perlu dipertanyakan lagi.

8. Universitas Manchester

Terletak di Kota Manchester, Inggris, Universitas ini adalah gabungan dari University of Manchester Institute of Science and Technology dan Victoria University of Manchester.

Kalau kamu ingin melihat aset budaya besar di Inggris sangat cocok untuk kuliah di universitas ini. Karena Universita Manchester membawahi beberapa budaya besar negara Elizabeth, misalnya Whitworth Art Gallery, Museum Manchester, Jodrell Bank Observatory, dan John Rylands Library.

9. Universitas Warwick

Universitas Warwick merupakan perguruan tinggi di Inggris karena baru berdiri pada 1965 lalu. Tapi universitas ini langsung melesat menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Inggris. Universitas Warwick termasuk ke dalam universitas terbaik ke-9 di Inggris dan ke-77 di dunia versi THE untuk tahun 2021.

Universitas ini sangat terkenal dengan kampusnya yang sangat modern dan berbeda dengan kampus-kampus sebelumnya. Universitas Warwick memiliki reputasi yang sangat bagus di bidang penelitian dan sensibilitas bisnis di Inggris. Sehingga universitas ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk kamu pertimbangkan.

10. Universitas Glasgow

Universitas Glasgow menjadi perguruan tinggi tertua keempat di Inggris yang berbahasa Inggris. Perguruan tinggi ini didirikan pada tahun 1451 lalu dan sekarang sedang mengepakkan sayapnya di dunia sebagai salah satu kampus terbaik.

Universitas Glasgow memiliki empat departemen atau fakultas yakni Seni, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknik, Ilmu Sosial, dan Kedokteran dan Kedokteran Hewan. Universitas Glasgow berada di urutan ke-92 sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia tahun 2021 versi THE.

Itulah 10 besar universitas terbaik di Inggris tahun 2021 versi THE. Ranking tersebut mungkin saja berbeda dengan versi lainnya karena setiap lembaga memiliki penilaian yang berbeda. Tapi peringkat universitas di Inggris diatas semoga saja  bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin lanjut lanjut kuliah.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Peringkat Universitas Di Inggris Tahun 2021 versi THE"

Berlangganan via Email