Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Tips Memilih Supplier Dropship Tangan Pertama Terpercaya

tips memilih supplier dropship

Dropship merupakan salah satu bisnis online yang sudah banyak dilakukan oleh banyak orang dan berhasil mendapatkan banyak keuntungan. Salah satu faktor penentu kesuksesan tersebut adalah supplier. Lalu bagaimana tips memilih supplier dropship yang baik dan benar untuk kelangsungan bisnis kamu?

Salah satu faktor yang bisa menentukan kesuksesan seorang dropshipper itu adalah supplier. Tanpa supplier yang terpercaya, bisnis dropship kamu bisa saja langsung hancur lebur dan akan dianggap buruk di mata konsumen. Sehingga cara mencari supplier dropship harus kamu ketahui sebelum akhirnya terjun sebagai dropshipper.

10 Tips Memilih Supplier Dropship

Karena memiliki peranan yang sangat penting, sudah sewajarnya kalau kamu bisa menentukan supplier yang tepat. Kamu harus selektif dalam memilih supplier supaya bisnis kamu bisa berjalan dengan sukses. Berikut ini adalah cara memilih supplier tangan pertama yang bisa kamu coba.

1. Fast Respon

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika memilih supplier adalah kecepatannya mereka dalam membalas chat atau pertanyaan kamu. Semakin cepat mereka menanggapi chat kamu atau fast respon, semakin cepat cepat juga respon kamu kepada calon pembeli.

Perlu kamu ketahui bahwa permasalahan yang akan terjadi di dalam proses penjualan itu cukup banyak. Kamu harus tahu stok barang, benefit produk, fitur produk, dan sebagainya. Oleh sebab itu pastikan kamu harus memilih supplier yang benar-benar fast respon.

2. Memiliki Produk Berkualitas

Sebelum menentukan supplier mana yang akan kamu pilih, pastikan kamu harus tahu dulu kualitasnya bagus atau tidak. Kamu bisa testing terlebih dahulu dan menilai sendiri. Apakah produknya sangat layak untuk dijual kembali ke konsumen kamu dengan harga jual yang sudah diperhitungkan dengan baik.

Jika memang sudah memiliki produk yang berkualitas, kamu bisa mulai bekerja sama dengan supplier tersebut.

3. Berani Memberikan Garansi Produk

Indikator supplier yang baik yang selanjutnya adalah berani memberikan garansi pada produknya. Kenapa harus ada garansi? Karena dalam prakteknya nanti bakal ada kemungkinan kesalahan yang akan terjadi baik itu cacat produksi maupun rusak karena proses pengiriman.

Pihak pembeli tentu saja tidak ingin menerima barang yang cacat dan mereka ingin mengembalikan barang tersebut yang mereka beli. Apalagi jika produk tersebut mereka beli dengan harga yang cukup menguras isi dompet. Jika supplier berani memberikan garansi, kamu bisa mempertimbangkannya untuk bekerja sama.

Tak banyak pihak supplier yang memberikan garansi kepada resellernya. Kebanyakan dari mereka lebih berfokus untuk mendapatkan banyak keuntungan dengan harga yang murah, tanpa memperhatikan pelayanan. 

Padahal pelayanan yang baik akan membuat kamu juga bisa memberikan pelayanan baik kepada konsumen. Garansi yang kamu berikan juga akan memperbesar kemungkinan calon pembeli produk. Karena mereka punya jaminan jika barangnya nanti mengalami kecacatan.

4. Bisa Custom Kemasan

Ketika menjadi seorang penjual, kamu tentu ingin mendapatkan keseiaan dari para pelanggan terhadap toko kamu. Oleh sebab itu pihak supplier seharusnya akan mengemas produk sesuai dengan toko kamu, bukan toko supplier. Ketika mereka mengemas barang pastikan yang tertera adalah toko kamu.

Para supplier yang nakal pasti tidak akan mencantumkan nama toko kamu atau nomor telepon di dalam paket pengiriman. Jika mereka mencantumkan nama toko dan nomor telepon mereka, bisa dipastikan kalau mereka adalah supplier yang nakal.

Secara tidak langsung mereka juga sudah mencuri pembeli kamu. Kamu tentu tidak ingin seperti itu kan? Jadi, kamu harus hati-hati dalam memilih supplier.

5. Selalu Update Stok Online

Kriteria supplier yang bagus selanjutnya adalah selalu update stok barang. Pastikan jika stok barang tersebut harus selalu update secara real time, sehingga akan mempermudah kamu sebagai dropshipper. Kamu akan tahu produk apa saja yang memiliki stok banyak, hampir habis, dan sudah habis.

Kalau kamu tidak mengetahui stok barang, nantinya kamu akan kewalahan dan harus return dari pelanggan karena saat memesan stok barangnya habis. Jika stok barang tersedia secara real time, kamu tidak akan membuang energi begitu saja. Kamu hanya perlu mengelola produk yang stoknya banyak.

6. Harga yang Kompetitif

Tujuan kamu mencari supplier yaitu bisa menjual produk mereka dan mendapatkan keuntungan. Jadi pastika untuk memilih supplier yang memiliki harga berasing, jangan hanya murah saja. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan harga yang kompetitif.

7. Memiliki Teknologi bisnis yang Mumpuni

Sekarang ini sudah jamannya bisnis online, sudah seharusnya pihak supplier menyediakan database atau website. Teknologi bisnis ini tentu saja akan mempermudah kamu dalam memproses pemesanan dan pengiriman barang. Bahkan untuk update stok pun bisa dilakukan secara realtime di website.

Keuntungan lainnya kalau supplier punya website dan database yaitu kamu bisa lebih mudah untuk mendapatkan banyak informasi. Kamu akan tahu kira-kira berapa biaya ongkos kirim dari tempat supplier ke konsumen. Bahkan kamu bisa mengelola bisnis kamu dengan mudah di dalam website yang disediakan oleh supplier.

8. Memiliki Grup Premium

Ketika menjadi seorang pebisnis online, kamu harus siap dengan segala perubahan yang terbilang cepat. Perubahan tersebut bisa berupa pola pemasaran ataupun algoritma media sosial yang kamu gunakan untuk mempromosikan produk seperti Instagram.

Supplier yang berpengalaman tentu saja akan memiliki grup premium untuk para resellernya. Grup tersebut akan mempermudah supplier dan kamu untuk berbagai informasi dan ilmu  Sehingga cara berjualan kamu tidak akan stack di satu tempat alias ketinggalan zaman.

Saat ini sangat jarang supplier yang menyediakan fitur group premium karena mereka lebih mementingkan keuntungan. Jadi kamu bisa mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan supplier yang menyediakan group premium. Selain akan mendapatkan keuntungan, kamu juga akan mendapatkan ilmu pengetahuan.

9. Menyediakan Marketing Kit

Di dalam dunia bisnis online, barang yang memiliki sisi produk yang baik memiliki kesempatan yang besar untuk laris. Karena orang itu cenderung lebih tertarik dengan gambar atau video dibandingkan dengan tulisan. Oleh sebab itu produk yang kamu jual harus bisa dilihat dengan baik.

Supplier yang baik biasanya akan memiliki foto katalog produk yang sangat lengkap, bahkan juga menyediakan banner untuk promosi. Mereka juga akan memberikan tutorialnya tentang cara editing gambar yang baik supaya bisa menarik banyak orang untuk membeli produk kamu.

Dengan memiliki marketing kit yang lengkap, kamu akan semakin mudah untuk bisnis online dropship.

Baca juga: Peluang Bisnis Anak Kost yang Patut Dicoba

10. Bisa Sharing Ilmu Penjualan

Supplier yang baik tentu tidak hanya berfokus pada keuntungan saja, tapi memberikan ilmu supaya resellernya bisa ikut berkembang juga. Misalnya mereka menyediakan materi ilmu penjualan yang bisa diakses oleh semua resellernya.

Ketika pihak supplier memiliki materi penjualan, kamu sudah memiliki ilmu sebagai pondasi untuk memulai bisnis online sebagai dropshipper. Karena tak sedikit juga orang yang tidak tahu cara berbisnis online itu seperti apa. Jadi pilihlah supplier yang benar-benar memberikan ilmu penjualannya kepada kamu.

Kamu bisa mencari supplier dengan kriteria di atas dari internet dengan kata kunci dropship Indonesia. Salah satu supplier yang sangat penulis rekomendasikan untuk kamu yang ingin menjadi dropshipper adalah Dropshipaja.

Itulah beberapa tips memilih supplier Dropship yang bisa kamu praktekkan untuk menjajal bisnis dropship. Memang tak mudah mendapatkan supplier dengan kriteria seperti di atas. Tapi sekali saja menemukannya, kamu akan nyaman dengan pelayanan yang diberikan oleh supplier tersebut.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "10 Tips Memilih Supplier Dropship Tangan Pertama Terpercaya"

Berlangganan via Email