Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

11 Tips Menjadi Mahasiswa Produktif yang Terbuktif Efektif

tips menjadi mahasiswa produktif

Cecepkocep.com - Sebagai mahasiswa, biasanya mereka akan dihadapkan dengan berbagai tugas yang sangat menumpuk. Sehingga banyak dari mereka yang merasa punya sedikit waktu untuk mengerjakan setiap tugasnya. Jika merasa seperti itu, kamu harus tahu tips menjadi mahasiswa produktif seperti yang akan penulis sampaikan di bawah.

Produktif sangat berbeda dengan sibuk ya karena mahasiswa yang produktif bisa memanajemen waktunya dengan baik. Sehingga sebanyak apapun pekerjaannya, mereka bisa mengerjakan banyak tugas tepat waktu. Produktif adalah kegiatan yang sangat sulit dilakukan oleh sebagian besar orang.

11 Tips Menjadi Mahasiswa Produktif

Nah, kira-kira apakah kamu ini sudah termasuk ke dalam mahasiswa produktif atau sibuk? Mulai sekarang, usahakan untuk menjadi pribadi yang produktif karena aktivitas ini akan memberikan dampak yang bagus di masa mendatang. Berikut ini adalah beberapa tips supaya kamu bisa menjadi mahasiswa yang produktif.

1. Manajemen Waktu yang Baik

Semua orang yang ada di bumi memiliki waktu 24 jam dalam sehari, termasuk orang-orang sukses seperti Bill Gates dan Steve Jobs. Tapi, kenapa mereka bisa sukses dan berbeda dari manusia pada umumnya? Sederhana saja, karena mereka bisa manajemen waktu dengan baik.

Banyak mahasiswa yang mengabaikan waktu yang dimilikinya dan melakukan hal-hal yang tidak penting. Mereka lebih banyak main game, nonton, dan aktivitas yang membuatnya tidak produktif. Produktivitas sebagai mahasiswa ditentukan dari bagaimana mereka bisa manajemen waktu dengan baik.

Oleh karena itu, buatlah skala prioritas untuk kegiatan sehari-hari kamu. Kapan harus mengerjakan tugas, kapan harus mempelajari materi kuliah, kapan harus bermain, dsb. Kalau ada tugas yang mudah, kerjakan dari sekarang jangan sampai H-1 baru dikerjakan.

2. Memanfaatkan Waktu Luang

Sebenarnya mahasiswa itu memiliki banyak sekali waktu luang yang bisa dimanfaatkan dengan baik, misalnya ketika dosen izin untuk meninggalkan kelas. Sebagian besar mahasiswa memanfaatkan waktu tersebut hanya untuk bermain game atau buka feeds Instagram. 

Sebaiknya manfaatkan waktu-waktu kosong tersebut untuk kegiatan positif lainnya seperti mendalami materi perkuliahan yang telah disampaikan. Kalau sudah jenuh, alihkan ke kegiatan positif lainnya seperti membaca buku fiksi. Jika demikian, kemungkinan besar tugas yang kamu miliki akan selesai tepat waktu.

3. Datang ke Kampus Tepat Waktu

Untuk menjadi mahasiswa yang produktif dan disiplin, usahakan untuk masuk kelas dengan tepat waktu. Tidak hanya masuk ke kelas, tanamkan perilaku ini untuk kegiatan apapun termasuk untuk kegiatan UKM atau organisasi. 

Dengan menjadi orang yang tepat waktu, kemungkinan kamu sudah menjadi orang yang tinggi. Hal ini juga akan berdampak pada karir kamu di masa datang seperti di dunia kerja. Kamu akan terbiasa dengan tepat waktu ketika sudah bekerja nanti.

4. Abaikan Hal Lain

Ketika kamu ingin fokus belajar atau mengerjakan tugas, sebaiknya hindari-hindari yang bisa mengganggu fokusmu itu. Misalnya dengan mematikan TV atau smartphone selama beberapa jam supaya konsentrasi tidak terpecah.

Jika kamu harus belajar 1 jam, maka sisakanlah 10 menit untuk beristirahat. Ketika sudah jenuh kamu bisa rebahan terlebih dahulu sambil main game atau scroll feeds Instagram. Tapi jangan sampai kebablasan ya.

5. Istirahat yang Cukup

Jangan dibiasakan untuk begadang sampai larut malam jika memang tidak ada tugas yang benar-benar harus selesai. Tidur terlalu malam juga akan memperburuk kondisi kesehatanmu. Usahakan untuk tidur dengan cukup yaitu selama 8 jam.

Tapi, jangan sampai kamu bangun siang jika tidak ada kelas pagi. Sebaiknya tetap bangun di pagi hari sekitar jam 5 pagi. Jika ada waktu luang, kamu bisa mengisinya dengan olahraga dan persiapan kuliah, bahkan bisa digunakan untuk review materi yang akan dipelajari di kelas nanti.

6. Atur Kegiatan UKM

Di setiap kampus pasti tersedia banyak sekali kegiatan UKM yang bisa kamu ikuti. Kamu bisa mengikuti kegiatan tersebut untuk mengasah kemampuan ataupun hobi. Dengan mengikuti kegiatan UKM, kamu akan semakin banyak teman dan jaringan hubungan yang lebih luas.

Banyak juga pelajaran yang akan kamu terima yang tidak akan kamu dapatkan di bangku kelas seperti belajar public speaking. Tapi biasanya tugas kuliah itu akan bentrok dengan kegiatan UKM. Sehingga kamu harus bisa mengatur kegiatan UKM dengan baik supaya tugas kuliah tidak terbengkalai.

7. Jangan Lupa Berolahraga

Supaya kamu bisa tetap fits, pastikan untuk berolahraga secara rutin meskipun hanya berjalan kaki ke kampus. Selain akan terhindar dari penyakit, stamina dan konsentrasi kamu juga akan meningkat. Biasakan untuk olahraga minimal 3 kali dalam seminggu dengan waktu 30 menit.

Baca juga: 10 Tips Agar Tidak Mengulang Mata Kuliah

8. Temukan Passion Kamu

Kuliah adalah masa-masa dimana kamu harus menemukan passion kamu. Passion inilah yang akan membuat kamu bisa melakukan aktivitas dengan senang dan tanpa beban. Untuk menemukan passion, kamu bisa melakukan hobi kamu seperti menulis.

Mahasiswa produktif adalah mahasiswa yang bisa memilih hal-hal yang benar-benar membuatnya bisa bekerja dengan baik dan tidak. Lakukanlah segala sesuatu yang benar-benar membuatmu bisa senang dan mendapatkan manfaat darinya.

9. Perbanyak Membaca

Sebagai seorang akademisi, mahasiswa tentu saja harus rajin membaca. Dengan banyak membaca sama seperti dengan meningkatkan kemampuan diri kamu. Dengan begitu, kamu akan semakin dekat dengan impianmu.

Usahakan jangan menjadi mahasiswa biasa saja dengan hanya sekedar mengerjakan tugas dan belajar giat menjelang ujian saja. Dengan membaca, pengetahuan kamu akan semakin meningkat dan kemungkinan kamu untuk mendapatkan nilai bagus juga sangat terbuka lebar.

Kalau kamu memang sangat berat untuk membaca buku-buku tebal seperti buku Kimia Raymond Chang, coba aja dulu buku-buku fiksi. Misalnya membaca buku-buku Raditya Dika yang sangat senang buat dibaca. Setelah itu kamu bisa coba baca buku-buku yang sesuai dengan perkuliahanmu.

10. Tentukan Deadline

Jika kamu masih memiliki jadwal yang berantakan, maka harus diperbaiki dengan cara membuat deadline. Mulai sekarang, kalian harus menentukan kapan tugas yang kamu dapatkan itu  harus selesai. Dengan begitu kamu bisa menentukan tugas mana yang harus diprioritaskan.

11. Fokus Pada Satu Pekerjaan

Kita itu tidak seperti komputer yang memiliki banyak sekali keterbatasan. Oleh sebab itu kita harus bisa melakukan satu pekerjaan dengan fokus supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Hanya sedikit orang saja yang bisa melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya kerjakan satu satu pekerjaan dengan serius sampai selesai.

Di atas adalah beberapa contoh produktivitas mahasiswa yang bisa kamu coba. Menjadi mahasiswa yang produktif memang tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi kalau kamu juga memiliki lingkungan yang tidak baik, maka akan semakin sulit untuk menjadi mahasiswa produktif.

Itulah beberapa tips menjadi mahasiswa produktif yang bisa kamu terapkan dari sekarang. Kamu tidak harus sekaligus menyelesaikan semuanya, mulai saja secara perlahan dari yang paling mudah. Misalnya dengan selalu tepat waktu untuk masuk kelas. Semoga bermanfaat.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "11 Tips Menjadi Mahasiswa Produktif yang Terbuktif Efektif"

Berlangganan via Email