Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Rekomendasi Bisnis Online Makanan Kekinian Tahun 2021

Perkembangan teknologi digital telah membuat perilaku bisnis telah berubah secara drastis. Sebagian besar orang sudah lebih nyaman untuk melakukan jual beli secara online, termasuk untuk keperluan makanan. Tak heran jika bisnis online makanan juga sudah banyak dilakukan oleh para pebisnis.

Ide jualan makanan online ini tentu saja memiliki prospek yang sangat bagus jika dilakukan dengan benar. Karena sebelum internet itu ada, bisnis ini tidak akan kekurangan daya belinya. Apalagi di zaman sekarang dimana produk makanan yang kamu jual bisa menjangkau lebih banyak orang melalui internet.

Rekomendasi 10 Bisnis Online Makanan 2021

bisnis online makanan

Nah, pada artikel kali ini Cecepkocep akan memberikan beberapa rekomendasi jenis makanan yang bisa kamu buat untuk jualan online. Bisnis ini tentu saja sangat cocok untuk kamu yang tertarik dan hobi dengan memasak. Yuk langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Catering Masakan Rumahan

Untuk orang-orang yang sibuk, mereka lebih memilih untuk makan di warung atau restoran. Situasi ini tentu saja bisa kamu manfaatkan dengan baik untuk memulai bisnis kuliner online. Nantinya kamu bisa menjual aneka makanan rumahan.

Makanan yang dibuat tidak harus mewah, cukup makanan rumahan saja seperti nasi pecel, nasi campur, nasi goreng, dsb. Terlebih lagi, makanan tersebut juga memiliki peminat yang sangat tinggi di Indonesia. Kamu bisa menawarkan makanan tersebut secara online karena pangsa pasarnya sangat besar.

Target pasar untuk bisnis katering makanan online ini adalah orang-orang yang sangat sibuk. Kamu bisa target orang-orang yang bekerja di perkantoran ataupun mahasiswa. Meskipun produk yang kamu jual adalah masakan rumahan, tapi jika dikemas secara berkualitas kamu akan akan mendapatkan keuntungan.

2. Cemilan dan Snack

Jika tidak bisa membuat makanan berat, kamu bisa menjajal untuk menjual produk cemilan atau makanan ringan. Seiring berkembangnya waktu, varian dari cemilan ini juga telah semakin banyak. Misalnya dengan membuat basreng, cimol, pisang nugget, dan cilok.

Meskipun produk cemilan yang kamu jual sangat sederhana, tapi jika dikemas secara menarik jualan kamu akan laris. Biasanya orang-orang yang suka cemilan itu adalah anak-anak muda seperti mahasiswa. Karakteristik dari target pasar ini mereka sangat tertarik dengan kemasan produknya.

Tapi kamu jangan hanya berfokus pada kemasannya, kualitas makanan yang dibuat juga harus enak. Karena mungkin saja nantinya mereka akan melakukan repeat order kepada kamu. Mungkin saja mereka akan merekomendasikan teman-temannya untuk membeli produk makanan kamu.

3. Aneka Cake dan Roti

Sebagian orang pasti sangat menyukai roti atau cake. Hal ini tentu saja bisa kamu manfaatkan untuk dijadikan peluang bisnis online. Terlebih lagi produk makanan ini juga sangat luas dan bisa menyesuaikan dengan target pasar ataupun keahlian kamu dalam membuatnya.

Kamu bisa memulai bisnis menjual aneka makanan kue-kue basah tradisional seperti bolu dan onde-onde. Biasanya orang-orang yang suka dengan makanan tersebut adalah bapak-bapak atau ibu-ibu. Jika target pasar kamu adalah remaja atau ibu-ibu muda, buatlah roti atau cake kekinian seperti brownies dan black forest.

Baca juga: Patut Diocoba! Inilah 10+ Bisnis Makanan Untuk Mahasiswa

4. Salad Buah

Hampir semua orang sangat suka dengan buah-buahan, sehingga tidak susah untuk menemukan orang yang berjualan buah. Apakah makanan sehat ini bisa dijual secara online? Tentu saja bisa dimana kamu bisa menjualnya dengan mengolahnya menjadi salad buah.

Nantinya kamu bisa menjual berbagai jenis buah yang dipotong-potong kecil, kemudian diberi saus mayonaise, susu kental, dan parutan keju. Kemudian kamu kemas dengan mangkuk plastik dan beri hiasan supaya lebih menarik. Sehingga nantinya akan memiliki nilai jual yang tinggi.

Salad buah ini termasuk salah satu olahan buah yang berkelas dan memiliki nilai jual tinggi. Pastika  untuk memilih buah-buahan yang segar dan berkualitas supaya salad buah yang kamu buat bisa laku. Produk makanan ini biasanya akan laris manis di musim Ramadhana atau musim panas.

5. Makanan Beku

Sebenarnya tantangan utama dari bisnis makanan secara online ini adalah daya tahannya. Terutama jika kamu menjualnya ke lokasi yang sangat jauh seperti antar provinsi. Tentu saja makanan yang dikirim akan lebih lama di jalan, sehingga ketika sampai bisa saja makanannya sudah kadaluarsa.

Tapi hal tersebut akan teratasi jika kamu menjualnya melalui frozen food atau makanan beku. Frozen food ini merupakan olahan makanan yang dikemas dalam kondisi yang beku. Sehingga makanan tersebut akan awet jika disimpan di tempat yang tepat.

Beberapa produk frozen food yang bisa kamu jual diantaranya daging ayam, daging sapi, dan ikan yang sudah diolah menjadi makanan siap santap seperti tempura dan nugget. Tapi ada juga beberapa produk frozen food yang dikemas dalam bentuk mentahannya, sehingga bisa dimasak kapan saja.

Produk frozen food ini memiliki daya tahan yang sangat kuat dan bisa tetap awet meskipun disimpan berhari-hari. Jika kamu menjualnya ke tempat yang jauh juga masih tetap bisa dilakukan. Jika mengemasnya dengan baik, makanan tersebut bisa awet.

6. Catering Bento

Perbedaan antara catering rumahan dan catering bento terletak pada pengemasannya. Sesuai namanya, catering bento dikemas dalam bentuk bento ala Jepang. Sementara untuk isi makanannya juga hampir sama seperti halnya katering rumahan.

Selain itu, target pasar dari bisnis katering bento ini adalah anak-anak kecil karena desain kemasannya yang unik dan menggemaskan. Dalam pemasarannya, kamu bisa mengemas makanan seunik mungkin kemudian pajang di media sosial. 

7. Olahan Lauk Kering

Selain frozen food, kamu juga bisa menjual berbagai produk makanan secara online yang juga tahan lama. Ya, kamu bisa menjual olahan lauk kering seperti sambal cumi kemudian dikemas ke dalam kaleng. Sehingga produk tersebut akan tetap awet meskipun disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Salah satu kelebihan dari lauk olahan kering ini yaitu siap santap, sehingga sesuai dengan gaya hidup masyarakat jaman sekarang. Jika dikemas dengan baik, produk makanan ini akan tahan lama meskipun dikirim antar kota dan provinsi.

8. Cemilan Sehat

Saat ini produk makanan sehat tengah laku di pasaran, terutama di daerah perkotaan. Situasi ini tentu saja juga bisa kamu manfaatkan untuk dijadikan bisnis online. Misalnya dengan menjual makanan makanan atau cemilan khusus vegetarian.

Harga jual dari makanan sehat ini sangat tinggi dan memiliki pangsa pasar yang sangat potensial. Mereka biasanya rela untuk mengeluarkan banyak uang asalkan mengkonsumsi makanan yang sehat.

9. Aneka Kue Kering

Cake dan roti memang memiliki daya tahan sangat rendah dan cepat basi jika dibiarkan dalam waktu yang lama. Alternatifnya kamu bisa berjualan aneka kue kering seperti nastar, putri salju, kastengel, dan aneka kue kering lainnya.

Produk makanan yang satu ini akan benar-benar laku keras ketika menjelang hari raya Idul Fitri. Tak sedikit banyak orang yang berhasil meraup banyak keuntungan dengan menjual makanan aneka kue ringan. Jika ingin dijual secara online, pastikan untuk mengemasnya secara menarik.

10. Minuman Kekinian

Tidak hanya makanan saja yang bisa dijual secara online, aneka minuman pun juga bisa dijual. Tapi produk minuman yang dijual bukan yang biasa-biasa saja. Pasalnya konsumen lebih tertarik untuk membeli minuman kekinian atau yang tengah viral seperti es kepal milo, mango thai, dan sebagainya.

Sebisa mungkin untuk mengemasnya secara menarik karena target pasarnya adalah konsumen milenial. Mereka lebih suka bermain media sosial dan akan langsung tertarik jika melihat makanan dengan kemasan yang inovatif.

Merintis usaha kuliner online memang tidak semudah yang kita bayangkan. Tapi setidaknya ide jualan makanan online di atas bisa memberikan sedikit referensi untuk kamu yang ingin memulai bisnis online makanan. Semoga bermanfaat.


Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Rekomendasi Bisnis Online Makanan Kekinian Tahun 2021"

Berlangganan via Email