Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Daftar Universitas Terbaik Di Indonesia 2021 versi THE World Ranking

Setiap siswa yang berhasil lulsu dari jenjang sekolah menengah tentu ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi. Untuk itu kamu harus menentukan universitas yang layak untuk dijadikan tempat menemuh studi. Tentu saja sangat banyak universtias terbaik di Indonesia 2021 yan bisa dipilih.

Sebelum memutuskan kuliah di perguruan tinggi, alangkah baiknya kamu harus menentukan program studi atau jurusan yang diminati. Meskpun nantinya kamu kuliah di universitas swasta ataupun negri, kamu akan lebih nyaman untuk belajar sesuai dengan jurusan yang dipilih.

10 Universitas Terbaik di Indonesia 2021

Universitas Terbaik Di Indonesia 2021

Nah pada artikel kali ini Cecepkocep akan memberikan rekomendasi perguruan tinggi yang bisa kamu pertimbangkan. Semua universitas di bawah ini sudah termasukke dalam ranking perguruan tinggi terbaik di Indonesia dari berbagai versi. Yuk langsung saja kita simak ulasanya di bawah ini.

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia menjadi perguruan terbaik di Indonesia versi Times Higher Education (THE) World Rangking 2021. Berada di perbatasan kota depok dan Jakarta, UI sering dianggap sebagai universitas terbaik di Jakarta. Tidak hanya versi THE saja, UI juga menjadi universitas terbaik versi Webometrics 2020.

Sementara itu, Universitas Indonesia berada di urutan ke dua sebagai universitas terbaik di Indonesia 2020 versi Kemendikbud. Dengan segudang prestasi yang telah didapatkannya, tidak heran jika UI menjadi perguruan tinggi nomor wahid di Indonesia.

UI telah melahirkan lulusan yang berkualitas dan selalu menodminasi hampir di semua perusahaan besar di Indonesia. Sampai saat ini, UI masih tetap untuk mempertahankan kualitasnya sebagai perguruan tinggi terbaik. Universitas ini selalu beraing ketat dengan universitas terbak lainnya seperti ITB dan UGM.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung menjadi perguruan tinggi terbaik ke dua di Indonesia versi THE World Ranking 2021. Institusi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menempuh pendidikan di bidang teknik. Pasalnya ITB menjadi perguruan tinggi yang memiliki kualitas pendidikan sangat baik di bidang teknik.

Berdiri sejak 2 Maret 1959, ITB menjadi sekolah tinggi teknik tertua kedua di Indonesia. Perguruan tinggi yang terletak di kota Bandung ini juga memiliki fakultas di luar bidang teknik, yakni fakultas ekonomi. Meskipun begitu kualitasnya masih tetap sama sangat patut diperhitungkan.

3. Universitas Brawijaya (UNBRAW)

Universitas Brawijaya menjadi universitas terbaik di Jawa Timur, bahkan termasuk ke dalam jajaran kampus terbaik di Indonesia. UNBRAW berada di urutan ketiga THE World Ranking 2021. Kampus ini juga berada di urutan yang sama untuk versi Webometrics.

Masuknya Universitas Brawijaya ke dalam jajaran kampus terbaik di Indonesia tentu saja ssejalan dengan visi dan misi yang mereka meleka yaitu menjadi universitas yang unggul yang berstandar internasional. Kampus ini terletak di Kota Malang, Jawa Timur.

Universitas yang berdiri pada 5 Januari 1963 ini pada awalnya hanya memiliki 2 fakultas saja yaitu hukum dan ekonomi. Selain itu, status kampus ini dahulunya adalah perguruan tinggi swasta.

4. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Di urutan keempat ada Universitas Diponegoro (UNDIP). Perguruan tinggi yang ada di Semarang, Jawa Tengah ini juga menjadi universitas terbaik ke-9 versi Webometrics 2019 dan Kemendikbud 2019. Sehingga kualitas kampus ini tak perlu dipertanyakan lagi.

Pada awalnya, UNIDP didirikan hanya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan tinggi bagi masyarakat Jawa Timur bagian Utara. Karena pada tahun 50-an hanya ada UGM saja yang terletak di JAwa Tengah dan DIY. Sehingga kampus ini tak mampu menamppung banyak tamatan SMA di kedua wilayah tersebut.

Selai itu, pada awalnya Universitas ini bernama Universitas Semarang. Namun pada 9 Januari 1960, Ir Soekarno mengganti namanya menjadi Universitas Diponegoro. 

5. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM menjadi perguruan tinggi terbaik ke-5 versi THE World Ranking 2021. Sementara untuk versi Webometrics 2020 universitas Gadjah Mada berada di urutan keenam dan berada di urutan ketiga untuk versi Kemendikbud pada tahun 2020.

Kampus yang berada di Sleman, Yogyakarta ini berdiri pada 19 Desember 1949 dan menjadi perguruan tinggi tertua di Indonesia. UGM memang sangat konsisten karena selalu masuk ke dalam jajaran perguruan terbaik di Indonesia. Tidak heran juga jika banyak lulusan SMA yang ingin kuliah di UGM.

Universitas Gadjah Mada memiliki 256 bidang studi dari 18 fakultas dan 2 sekolah. Salah satu lulusan terbaik dari Universitas ini adalah Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

6. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Sama seperti ITB dan UNPAD, IPB juga termasuk ke dalam salah satu jajaran perguruan tinggi terbaik di Jawa Barat. Universitas yang terletak di Kota Bogor ini berada di urutan ke-6 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi THE World Ranking 2021.

Kampus ini beridiri pada 1 September 1963 dan lebih berfokus pada bidang pertanian. Tapi ada banyak juga jurusan yang berada di luar pertanian yang bisa kampu pertimbangkan. IPB juga selalu konsisten masuk ke dalam jajaran 10 kampus terbaik di Indonesia.

7. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Selain ITB, UNPAD menjadi salah satu universitas terbaik di Bandung yang bisa kamu pertimbangkan. Kampus ini berada di urutan ketujuh sebagai kampus terbaik di Indonesia versi THE World Ranking 2021. Sementara untuk versi Kemendikbud 2020, UNPAD berada ri urutan ke-10.

Kampus yang berada di kawasan Jatinangor ini memiliki 17 fakultas. Tapi fakultas kedokteran dan psikologi menjadi dua fakultas yang paling banyak diminati oleh para lulusan SMA. Bidang studi yang ada di UNPAD ini juga tersedia untuk berbagai jurusan SMA baik IPA maupun IPS.

8. Institut Teknologi Sepulun November (ITS)

Perguruan tinggi lainnya yang berfokus pada bidang Sains dan Teknologi adalah Insitut Teknologi Sepuluh November (ITS). Kampus yang berdiri pada 1957 ini sudah memiliki program studi yang sangat lengkap baik untuk program Diploma, Sarjana, hingga Pascasarajana (Magister dan Doktoral).

ITS berada di urutan ke-8 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indoensia versi THE World Ranking 2021. Sementara untuk versi Webometrics 2021 kampus ini berada di urutan keempat dan berada di urutan keenam untuk versi Kemendikbud 2020.

Selain Universitas Brawijaya, Insitut Teknologi Sepuluh November juga termasuk perguruan tinggi terbaik di Jawa Timur. Untuk kalian yang ingin kuliah di sekitaran Indonesia bagian Timur bisa memilih salah satu dari kedua universtias tersebut.

9. Telkom University

Universitas Telkom menjadi universitas swasta terbaik di Indonesia tahun 2021. Universitas ini berada di urutan ke-9 sebagai perguruan terbaik di Indonesia versi THE World Ranking. Karena berada di bawah naungan PT Telkom Indonesia, universitas ini lebih fokus pada pendidikan telekomunikasi.

Tak hanya itu, Telkom University juga menjadi kampus terbaik ke-5 di Indonesia versi Webometrics tahun 2020. 

Kampus Universitas Telkom berada di daerah Dayeuhkolot, Kota Bandung. Perguruan tinggi ini sudah memliki 7 fakultas yaitu fakultas tenik elektro, teknik industri, industri kreatif, komputasi, bisnis dan ekonomi, ilmu terapan, dan komunikasi dan bisnis.

Itulah 10 Universitas terbaik di Indonesia 2021 yang bisa kampu pertimbangkan. Perguruan tinggi yang tidak masuk ke dalam daftar di atas bukan berarti tidak bagus. Semua perguruan tinggi memaang berkualitas, hanya saja kembali lagi kepada diri kamu sebagai orang yang akan menjalaninya.


Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Post a Comment for "Daftar Universitas Terbaik Di Indonesia 2021 versi THE World Ranking"

Berlangganan via Email