Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Responsif Horizontal To Vertikal

Jasa Pembuatan Kolam MinimalisTerbaik di Jakarta

jasa pembuatan kolam minimalis

Sebagian besar orang tentu ingin memiliki kolam renang sendiri di halaman rumah meskipun berukuran minimalis. Tapi untuk proses pembuatan kolam renang itu tidaklah mudah. Sehingga Anda membutuhkan jasa pembuatan kolam minimalis supaya proses pembuatannya bisa terorganisir.

Nah untuk Anda yang berencana ingin membuat kolam renang pribadi, kami akan berikan ulasannya. Setelah membaca uraian di atas Anda bisa mepertimbangkan pembuatan kolam renang. Apakah lebih membuatnya sendiri atau menggunakan jasa.

Yuk langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Tentukan Terlebih Dahulu Ukurannya

Tahapan pertama yang harus Anda perhatikan adalah ukuran kolam renangnya. Semakin besar ukurannya, semakin besar juga anggaran yang harus Anda keluarkan.

Jika ingin memiliki kolam renang di halaman rumah, ukuran minimalis berukuran 5 meter saja sudah cukup. Ukuran kolam renang sebesar ini sudah cukup untuk menampung 4 orang. 

Tapi pada umumnya kolam renang yang dibuat itu adalah berukuran 3 x 7 meter untuk ukuran lahan sebesar 4 x 8 meter. Sementara untuk 1 meternya sengaja dibiarkan karena akan digunakan sebagai pijakan di ujung kolam renang.

2. Tentukan Kedalamannya

Setelah menentukan ukurannya, tahapan yang selanjutnya adalah menentukan kedalamannya. Jika ingin membuat kolam renang untuk anak-anak, kedalaman yang ideal adalah 0.5 hingga 1 meter. Sementara untuk orang dewasa berkisar 1.4 hingga 2 meter.

3. Sirkulasi Airnya Seperti Apa

Supaya airnya selalu bersih dan tidak pernah berkurang ketika sering dipakai, Anda tentu harus mempertimbangkan sirkulasi airnya. Sehingga air kolam renang itu akan berjumlah tetap karena akan disalurkan kembali ke dalam kolam.

Sirkulasi air yang baik juga akan membuat kolam renang yang Anda miliki tetap bersih. Tapi tetap saja Anda harus membersihkannya dengan periode tertentu supaya airnya bisa bagus.

Jika Anda ingin membuat kolam renang di dalam ruangan (indoor), sebaiknya gunakan skimmer. Alat ini sangat berguna untuk menyerap kotoran pada air kolam renang. Alat ini nantinya akan disimpan di dinding kolam renangnya.

Jika ingin membuat kolam renang di luar ruangan, Anda sebaiknya menggunakan sistem overflow. Intinya air yang tumpah harus kembali ke dalam saluran air di sekitar kolam. Kemudian air tersebut dialirkan lagi ke dalam kolam renang.

4. Pelapis Internal yang Digunakan

Bagian dalam kolam renang juga harus dilapisi dengan keramik dengan motif tertentu. Untuk keramik yang digunakan bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Tapi untuk menambah nilai estetikanya, Anda harus memilih keramik yang bermotif bagus.

5. Biaya Konstruksi Kolam Renang

Setelah menentukan keempat poin di atas, tahap yang selanjutnya adalah menentukan anggaran yang diperlukan untuk biaya konstruksi. Pada umumnya biaya konstruksi untuk pembuatan kolam renang itu dipatok dengan harga 3.5 hingga 5 juta per meter kubik.

Misalnya Anda menginginkan kolam renang renang dengan ukuran 4 x 6 meter dengan kedalaman 1.5 meter. Anda tinggal hitung saja dengan perhitungan sederhana yaitu sebagai berikut.

(4 x 6 x 1.5) x 3,5 juta = Rp105 Juta

Berarti untuk pembuatan kolam renang berukuran 3 x 6 meter dengan kedalaman 1,5 meter membutuhkan anggaran sebesar Rp105 juta. Semakin besar ukuran yang diinginkan, biaya yang harus Anda keluarkan tentu akan jauh lebih besar lagi.

6. Kelengkapan Kolam Renang

Selain biaya konstruksi, Anda juga membutuhkan anggaran untuk kelengkapan kolam renangnya. Karena Anda membutuhkan main drain, vacuum, lampu, dan inlet. Tanpa komponen tersebut kolam renang tidak akan berjalan dengan semestinya.

Untuk kelengkapan kolam renang ini Anda membutuhkan anggaran berkisar Rp6 juta.

7. Pompa dan Filter

Untuk membuat sirkulasi kolam renang dengan baik, Anda membutuhkan pompa dan filter. Sirkulasi yang baik juga akan membuat air dalam kolam renang Anda tetap bersih.

Air di dalam kolam nantinya akan disedot oleh pompa kemudian disalurkan ke sand filter. Setelah itu dikembalikan lagi ke dalam kolam renang. Akan tetapi, Anda harus tetap memperhatikan jenis pompa yang akan digunakan.

Untuk harga pompa dan filter juga terbilang cukup mahal. Kolam renang yang berukuran 4 x 6 meter saja membutuhkan filter dan pompa dengan harga berkisar Rp12 hingga Rp16 juta. Tapi harga itu juga sesuai dengan merek yang akan Anda beli.

8. Biaya Perawatan

Anda juga membutuhkan anggaran untuk perawatan supaya kolam renang Anda tidak mengandung lumut dan bakteri. Setiap 2 minggu sekali Anda harus merawatnya. Untuk kolam renang berukuran 4 x 6 meter biasanya membutuhkan anggaran perawatan sebesar Rp800 hingga Rp1 juta.

Bagaimana apakah sudah terbayang berapa anggaran yang harus Anda keluarkan untuk membuat kolam renang. Dibandingkan harus membuat kolam renang sendiri, sebaiknya Anda menggunakan jasa pembuatan kolam minimalis supaya lebih terjangkau. Misalnya dengan menggunakan layanan dari Widyaloka Pools.

PT Widyaloka Pools merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan kolam renang. Kolam renang yang dibuat bisa untuk skala rumahan maupun untuk perusahaan dan tempat wisata. Kontraktor pembuatan kolam renang ini sangat kami rekomendasikan, terutama untuk Anda yang ada di Jakarta.