Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Responsif Horizontal To Vertikal

Mengenal Berbagai Jenis Gasket yang Sering Digunakan

jual packing gasket di Jakarta

CV Air Mas merupakan salah satu distributor, supplier, dealer, agen, dan toko online yang jual packing gasket di Jakarta. Gasket yang tersedia sangat beragam dari berbagai ukuran yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. 

Gasket ini merupakan kertas yang berfungsi sebagai perekat untuk menyambung antar celah besi. Keberadaannya sangatlah penting karena tanpa ada gasket sambungan antara bagian vital pada mesin akan bocor. Bahkan gasket ini harus selalu berada dalam kondisi yang baik.

Jenis Gasket Berdasarkan Penggunaannya

Fungsi utama dari gasket ini yaitu sebagai perekat antara dua benda, tapi benda ini memiliki fungsi yang lebih spesifik lagi. Nah, karena alasan itulah kalau berdasarkan penggunaannya, gasket digolongkan ke dalam beberapa jenis. Ini dia ulasannya.

1. Metal U-Ring Gasket

Jenis gasket yang pertama adalah Metal U-Ring yang biasanya digunakan pada sambungan objek rata. Jenis Gasket ini juga sangat berguna untuk menyatukan dua benda yang sama-sama sejajar.

Untuk hasil perkataannya akan jauh lebih maksimal jika diberikan gaya atau tekanan yang tinggi. Misalnya jika Anda ingin menggunakan gasket ini pada rangkaian, sebaiknya berikan tekanan hingga 12 ribu psi atau 828 bar.

2. Metal C-Ring Gasket

Berbeda dengan Metal U-Ring Gasket yang digunakan pada tekanan tinggi, Metal C-Ring justru di gunakan pada tekanan rendah. Fungsi utama dari jenis gasket yang satu ini tidak lain adalah sebagai penyimpan energi.

Metal C-Ring Gasket ini sangat cocok digunakan sebagai tempat duduk objek dengan ukuran yang kecil. Fungsi utama dari gasket yang satu ini memang terbilang sangat bagus. Tapi Hal itu tak sebanding dengan harganya yang cukup mahal.

3. Metal O-Ring Gasket

Karakteristik dari jenis gasket yang satu ini yaitu bersifat reusable atau bisa digunakan kembali. Meskipun demikian, Anda tetap harus memastikan jika kondisinya baik-baik saja dan tidak ada kerusakan. Karena jika ada bagian yang rusak, gasket tidak akan bisa digunakan lagi.

Fungsi utama dari Metal O-Ring Gasket ini yaitu untuk menahan tekanan dan temperatur dengan suku yang sangat tinggi. Sehingga tidak heran jika jenis gasket yang satu ini sangat mahal. Tapi Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan pemakaian.

4. Spiral Wound Gasket

Jenis Gasket yang satu ini sangat fleksibel digunakan karena bisa dipasang lepas. Oleh sebab itu, pada pemakaiannya tidak harus pada sambungan pada dua buah objek. Jika sudah tidak digunakan lagi, sebaiknya Anda melepaskan gasket yang satu ini.

Selain itu, penggunaan gasket yang satu ini juga bisa Anda sesuaikan dengan keadaan. Jika sambungannya sudah mulai renggang, Anda bisa merekatkannya kembali.

Spiral Wound Gasket ini akan bekerja dengan maksimal pada tekanan yang tinggi. Karena bahan dasar yang menyusun gasket ini memang terbuat dari campuran khusus graphite, ceramic paper, asbestos, dan mika.

5. Metal Spring Energizing Gasket

Sebenarnya karakteristik dari Metal Spring Energizing Gasket ini hampir sama seperti gasket metal C-Ring. Tapi pada penggunaannya sangat berbeda karena gasket ini lebih bersifat self energizing.

Jenis gasket yang satu ini biasanya hanya digunakan pada media-media yang berukuran besar. Jadi tidak heran jika setting load pada gasket ini terbilang cukup tinggi. Bahkan untuk harganya juga terbilang sangat mahal.

6. Flat Gasket

Fungsi utama dari jenis gasket yang satu ini yaitu untuk mencegah kebocoran pada objek yang memiliki permukaan rata. Pada penggunaannya, Anda bisa memasangkan gasket ini di bagian luar maupun dalam sesuai dengan dengan kebutuhannya.

Gasket ini memiliki daya tahan yang sangat kuat meskipun terkena tekanan yang sangat tinggi dan temperatur yang sangat besar.

Jenis Gasket Berdasarkan Materialnya

Selain berdasarkan fungsinya, gasket juga bisa kita klasifikan lagi berdasarkan dengan material penyusunnya. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Rubber Gasket

Rubber Gasket terbuat dari bahan plastik yang berperan sebagai penghubung dari beberapa objek. Fungsi utamanya tidak langsung menyatukan, tapi hanya sebagai pelapis atau pelindung. Rubber Gasket ini perlu dipasangkan pada sambungan supaya tidak terjadi kebocoran ketika proses penghubungan berlangsung.

2. Graphite Gasket

Graphite Gasket sangat kuat terhadap temperatur yang sangat tinggi, bahkan kuat terhadap cairan kimia asam dan basa dengan konsentrasi tinggi. Gasket ini biasanya digunakan pada rangkaian sumber energi panas bumi.

3. PTFE Material

Gasket ini juga dikenal dengan teflon gasket yang bersifat multifungsi. PTFE Material Gasket ini sangat kuat terhadap berbagai bahan kimia seperti hidrogen peroksida. Sehingga gasket ini tersedia banyak di pasaran.

4. Gasket EPDM Material

Gasket yang satu ini sangat kuat terhadap sinar UV, Ozon, minyak alami, dan berbagai bahan alami lainnya.

Itulah beberapa jenis gasket yang bisa Anda disesuaikan disesuaikan dengan kebutuhannya. Untuk Anda yang berada di Jakarta dan sekitarnya bisa membeli gasket dari CV Air Mas. Karena produsen ini jual packing gasket Jakarta dengan harga yang terjangkau.