Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jangan Asal Beli! Inilah 5 Tips Membeli Besi Berkualitas

Cecepkocep.com - Dalam industri konstruksi bangunan, besi beton adalah salah satu komponen yang sangat dibutuhkan. Kebutuhan jenis besi ini biasanya sangat besar di kota-kota besar yang menjadi pusat pembangunan di daerah tertentu seperti Surabaya. Jadi tidak heran distributor besi Surabaya juga sangat banyak.

Toko besi Surabaya memang menawarkan berbagai jenis besi, salah satunya jenis besi beton. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan membeli besi beton. Harga dan kualitas tentu menjadi dua hal yang pertama harus Anda pertimbangkan.

Tips Membeli Besi Beton Berkualitas

distributor besi Surabaya

Pada artikel kali ini kami akan sedikit memberikan tips dan trik kepada Anda bagaimana cara membeli besi beton berkualitas. Langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini.

1. Jenis Besi Beton yang Akan Digunakan

Terdapat dua jenis besi beton yang bisa digunakan dalam konstruksi bangunan rumah yaitu besi beton polos dan ulir.  Jangan sampai asal-asalan memilih kedua jenis besi beton tersebut karena keduanya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Kedua jenis besi baja tersebut akan memberikan manfaat yang maksimal jika Anda memilihnya dengan tepat. Anda bisa memilihnya sesuai dengan desain rumah atau bangunan yang akan dibuat. Tapi sebelumnya Anda harus tahu dulu karakteristik kedua jenis besi beton tersebut.

Besi beton ulir atau berpilin cukup sulit dibengkokkan atau dibentuk karena memiliki tegangan yang sangat tinggi. Hal ini berbanding terbalik dengan besi polos yang mudah dibengkokkan atau dibentuk,

Jika Anda mencari besi beton dengan kualitas terbaik, Anda bisa memilih besi beton ulir. Kekerasannya yang kuat membuat jenis besi yang satu ini sangat berkualitas. Tingkat kekerasan dari jenis besi ini sudah teruji, yakni menggunakan alat hardness tester.

2. Pastikan Kondisi Besi Baik

Ketika akan membeli besi beton di toko besi terdekat, pastikan untuk mengetahui apakah besi tersebut sudah disimpan dalam waktu yang cukup lama atau tidak. Besi yang sudah disimpan dengan jangka waktu yang lama biasanya akan terlihat berkarat, sehingga besi akan lebih mudah rusak.

Perlu diperhatikan bahwa besi berkarat juga sangat berbahaya untuk kualitas bangunannya. Karena akan membuatnya sangat mudah runtuh berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Pastikan untuk membeli besi beton yang memiliki kondisi baik supaya konstruksi rumah Anda tahan lama. Anda selaku penghuni juga tidak akan begitu was-was ketika rumah Anda kokoh.

3. Sesuaikan Ukurannya

Terdapat tiga ukuran untuk besi beton yakni berukuran kecil, sedang, dan besar. Anda bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan. Kenapa harus sesuai? Karena kalau tidak sesuai, ditakutkan rumah yang Anda buat nantinya akan roboh.

Anda bisa memilih besi beton yang memiliki diameter penuh dan ukuran standar yaitu 12 meter. Diameter besi ulir yang digunakan untuk kebutuhan konstruksi gedung biasanya berukuran 12 mm dan 14 mm.

Anda tidak akan bisa lagi menggunakan besi beton yang sudah memuai atau menyusut karena sudah tidak sesuai dengan standar SNI. Jika terus digunakan, takutnya akan ada sesuatu yang tak diinginkan suatu saat nanti.

4. Merk Besi Beton

Setiap produk besi beton pasti memiliki keunggulannya masing-masing. Anda juga bisa memilih besi beton yang sesuai dengan merknya. Tapi yang harus Anda perhatikan adalah untuk memilih besi beton yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Sebagian besar orang lebih suka membeli besi beton pada merk yang memang sudah terbukti kualitasnya. Pihak toko besi di Surabaya atau toko lainnya biasanya akan memilih merk besi yang sudah memiliki reputasi baik di mata pelanggannya.

5. Harga

Satu hal lagi yang harus Anda perhatikan ketika membeli besi beton yaitu harga. Untuk masalah harga ini sebenarnya Anda juga sudah tahu. Semakin mahal harganya, semakin berkualitas besi beton yang akan Anda beli.

Saran dari kami, Anda tidak perlu takut untuk mengeluarkan biaya yang besar untuk memiliki besi beton yang berkualitas. Karena Anda seperti sedang berinvestasi untuk jangka panjang. Anda tentu tidak ingin jika rumah Anda tiba-tiba rusak karena menggunakan besi yang abal-abal  bukan?

Rumah adalah aset yang sangat penting untuk kehidupan Anda. Anda bisa bercengkrama ria bersama dengan keluarga tercinta di dalam rumah. Jadi pastikan untuk memilih bahan-bahan bangunan yang memang berkualitas untuk keberlangsungan hidup Anda juga.

Saat ini sudah banyak pabrik besi di Surabaya yang memiliki kualitas tak perlu diragukan lagi. Tidak hanya memproduksi saja, tapi juga ada yang berperan langsung sebagai distributor. Anda juga bisa membelinya langsung dari pabrik jika memang diizinkan supaya mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Itulah beberapa tips trik membeli besi beton berkualitas yang bisa Anda jadikan referensi. Anda bisa membeli berbagai kebutuhan besi di distributor besi Surabaya mulai dari besi baja, baja ringan, besi kanal, besi plat, dan jenis besi lainnya.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Berlangganan via Email