Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Membersihkan Rumput Sintetis Agar Terlihat Bersih

Cecepkocep.com - Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan rumput sintetis, terutama untuk pemilik bisnis lapangan olahraga (futsal dan sepak bola). Selain praktis, cara membersihkan rumput sintetis ini juga tergolong mudah. Oleh sebab itu sekarang banyak produsen yang jual karpet rumput sintetis.

jual karpet rumput sintetis

Rumput sintetis ini memang harus dibersihkan dalam setiap periode waktu tertentu. Sehingga rumput sintetis akan tetap terlihat prima. Seperti apa cara merawat karpet rumput sintetis yang baik dan benar? Langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini.

1. Bersihkan dengan Vacuum Cleaner

Perlu diperhatikan bahwa membersihkan karpet sintetis dengan menggunakan air tidaklah tepat. Bahkan air ini akan membuat merekat pada bulu-bulu karpet menjadi melemah. Sehingga bulu-bulunya akan lebih mudah terlepas.

Nah untuk membersihkan sebaiknya menggunakan alat khusus yang disebut vacuum cleaner. Alat pembersih ini berfungsi untuk menghilangkan debu-debu yang menempel pada karpet sintetis.

Untuk membersihkan karpet sintetis dengan alat ini, Anda tidak harus menunggunya sampai kotor. Bersihkan dalam jangka waktu tertentu atau lakukan secara rutin.

Gunakan vacuum cleaner dengan tekanan yang rendah supaya rumput-rumputnya tidak tersedot ke dalamnya.

2. Gunakan Cairan Khusus

Katanya tidak boleh pakai air?

Kalau pakai air biasa memang tidak boleh, tapi kalau pakai cairan khusus diperbolehkan. Dari namanya juga sudah jelas bahwa yang digunakan adalah cairan khusus untuk karpet rumput sintetis.

Cairan khusus ini berguna untuk menjaga kualitas rumput sintetis dan bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Untuk cara penggunaannya biasa disemprotkan pada permukaan atas karpet sintetis.

Untuk jangka penggunaannya bisa disesuaikan dengan penggunaan rumput itu sendiri. Biasanya rumput yang digunakan di luar ruangan akan sering digunakan, sehingga perlu menggunakan cairan khusus sekitar 2 minggu sekali.

Tapi jika rumput sintetis digunakan untuk indoor seperti di dalam rumah, Anda bisa menyemprotnya 1 sampai 2 bulan sekali. Karena rumput sintetis indoor tidak akan terkena sinar matahari dan biasanya jarang digunakan.

3. Gunakan Deterjen

Untuk menghilangkan noda membandel pada rumput sintetis Anda bisa menggunakan deterjen. Tapi untuk cara penggunaannya harus diperhatikan, terutama dalam penggunaan airnya.

Untuk caranya sendiri, larutkan deterjen pada air secukupnya. Kemudian celupkan kain atau spons ke dalam larutan deterjen tersebut. Setelah itu usapkan pada permukaan pada rumput yang kotor.

Jika yakin sudah bersih, celupkan kain lainnya ke air yang bersih untuk menghilangkan sisa deterjen yang masih menempel pada rumput.

4. Gunakan Pisau untuk Mengangkat Kotoran

Untuk karpet rumput sintetis outdoor biasanya akan rentan terkena kotoran hingga menempel. Bahkan permen karet saja sangat sulit dibersihkan jika sudah menempel pada bulu karpet.

Untuk menghilangkan noda yang seperti itu, sebaiknya menggunakan pisau angkat saja. Untuk cara penggunaanya sangat mudah. Angkat permen karet secara horizontal dan pelan-pelan supaya tidak memotong rumput yang lainnya.

Karpet rumput sintetis bekas biasanya perlu dilakukan perawatan yang ekstra. Apalagi jika pengguna yang sebelumnya juga tidak merawatnya dengan baik. Bahkan untuk kotoran-kotoran yang menempel pada rumput tidak sempat dibersihkan terlebih dahulu.

5. Sisir Serat Rumput

Jika karpet sintetis Anda ingin tetap terlihat baru dan alami, Anda harus menyapu seratnya. Cara ini terbilang sangat efektif meskipun terdengar konyol. Tapi sisir yang digunakan harus terbuat dari plastik seperti penggaruk.

Anda cukup menyisir serat rumput jika ingin membuatnya seperti baru lagi. Supaya terlihat lebih alami, jangan lupa untuk menyisirnya ke segala arah.

6. Selalu Perhatikan Rubber Granules

Rubber granules merupakan peredam yang berfungsi untuk membuat rumput tidak mudah aus. Granules ini bisa kamu lihat di bagian sela-sela rumput sintetis. Nah, pastikan bahwa rubber granules itu masih dalam keadaan yang sangat bagus supaya karpet sintetis Anda tetap bagus.

7. Bersihkan Juga Kotoran Peliharaan

Untuk Anda yang memiliki hewan peliharaan, tentu karpet rumput sintetis Anda akan sangat rentan terkena kotoran mereka. Misalnya hewan peliharaan Anda buang air di atas rumput sintetis.

Anda tidak perlu khawatir karena untuk membersihkannya juga sangat mudah. Sebaiknya biarkan kotoran hewan peliharaannya mengering sampai mudah untuk diangkat.

Setelah terangkat, gunakan campuran air dan cuka secukupnya untuk menghilangkan bau kotorannya.

Perawatan karpet sintetis ini memang terbilang sangat mudah. Harga karpet rumput untuk rumah biasanya relatif terjangkau karena dalam proses perawatannya juga tidak terlalu ekstra.

Sementara untuk kebutuhan outdoor, perawatan untuk karpet sintetis ini harus ekstra. Minimal dua minggu sekali Anda harus rutin mengecek dan membersihkannya. Semakin besar ukurannya, perawatannya juga akan semakin lama.

Sekarang sudah banyak perusahaan yang jual karpet rumput sintetis di daerah Anda. Bahkan sudah banyak juga perusahaan yang jual rumput sintetis murah yang bisa Anda beli dengan harga yang terjangkau. Tapi Anda tetap harus menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Berlangganan via Email