Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Responsif Horizontal To Vertikal

10+ Objek Wisata Bandung Barat yang Eksotis dan Instagramable

Cecepkocep.com - Bandung menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan Indonesia. Sebagian besar tempat wisata Bandung Barat memiliki pemandangan yang indah dan udara yang sejuk.

Karena alasan itulah banyak orang yang ingin pergi liburan ke pusat kota di Jawa Barat ini. Pilihan wisata alamnya juga bervariasi mulai dari wisata alam hingga buatan yang bisa menjadi daya tarik banyak wisatawan.

Objek Wisata Bandung Barat

Salah satu daerah yang memiliki banyak objek wisata yang menggoda adalah Kabupaten Bandung Barat. Daerah ini memang sangat terkenal dengan kawasan Lembang yang mempesona. Berikut ini adalah tempat wisata Lembang dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi.

1. Sungai Cikahuripan

Wisata Bandung Barat Curug Cikahuripan

Sungai yang terkenal dengan Green Canyon-nya Bandung Barat ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Sungai Cikahuripan memiliki tebing-tebing terjal yang berada di tepian sungainya. Keberadaan tebing-tebing itu hampir mirip seperti Grand Canyon yang terletak di Amerika Serikat.

Sungai Cikahuripan terletak di Kecamatan Saguling, Bandung Barat. Kamu harus berjalan kaki dengan jarak sekitar 1 km dari pintu masuknya. Tapi setelah sampai kamu akan disambut dengan aliran sungai kecil dan tebing-tebing yang mempesona.

Aliran sungai Cikahuripan berasal dari Sungai Citarum Purba dan alirannya itu mengikis batuan. Sehingga terciptalah ngarai curam yang tentu saja sangat eksotis.

2. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut

Kamu tentu sudah mendengar tentang legenda para bidadari yang turun dari kayangan bukan? Konon katanya mereka akan mandi di sebuah sungai. Nah di Bandung sendiri terdapat sungai yang konon dijadikan tempat bermandi oleh para Bidadari tersebut yang bernama Sanghyang Heuleut.

Danau kecil ini dikelilingi oleh batu-batu raksasa yang terlihat sangat unik. Bebatuan tersebut berasal dari letusan Gunung Purba Sunda. Sementara untuk aliran sungainya berasal dari Sungai Citarum Purba.

Danau Sanghyang Heuleut ini sangat cocok dijadikan tempat untuk memanjakan mata karena airnya yang berwarna hijau nan jernih. Sangat cocok untuk mengambil banyak foto ketika sampai disana.

Rasanya kurang lengkap kalau ke danau tanpa bermain air sepuasnya. Nah, disana kamu juga bisa bermain sepuasnya seperti terjun bebas dan nikmati sejuknya air Sanghyang Heuleut. Tapi pastikan untuk memperhatikan keamanannya ya!

Sahyang Heuleut ini terletak di Kampung Cipanas, Rajamandala, Cipatat, Bandung Barat. Untuk tiketnya mulai dari Rp10 ribu per orang.

3. Stone Garden Padalarang

Tempat wisata di Bandung Barat yang sudah buka yang selanjutnya bisa kamu kunjungi adalah Stone Garden Padalarang. Disini kamu akan melihat batu-batu yang tercecer secara alami, namun tetap sangat artistik.

Bebatuan tersebut terletak di puncak bukit, sehingga kamu juga bisa menikmati pemandangannya yang memukau. Jadi, persiapkan fisik yang prima ketika ingin berlibur ke tempat ini. Jangan lupa juga bawa kamera dengan memori yang besar.

Pemandangan di Stone Garden Ini sangat indah ketika matahari terbit dan tenggelam. Ini adalah momen yang tepat untuk berfoto-foto dengan background yang mempesona.

Stone Garden ini terletak di Gunung Masigit, Citatah, Cipatat, Bandung Barat. Untuk biaya masuk kesana sekitar Rp10 ribu per orang.

4. Bukit Gantole Cililin

Stone Garden

Pengen memacu adrenalin kamu dengan olahraga ekstrim paralayang? Bukit Gantole Cililin adalah pilihan yang sangat tepat. Pada PON XIX 2017 Jawa Barat, Bukit Gantole dijadikan tempat untuk cabang olahraga paralayang.

Jadi kalau kamu ingin menikmati liburan sambil mencoba sensasi terbang dengan paralayang bisa pergi ke Bukit Gantole. Tak perlu risau karena kamu akan didampingi oleh pilot yang berpengalaman ketika mencoba terbang.

Kamu bisa merekam suasana yang ada di sana ketika terbang, sementara sang pilot akan memperhatikan keamanan kamu. Takut terbang? Kamu bisa berfoto disini karena pemandangannya juga tidak kalau ciamik. Disini tersedia berbagai spot yang indah, sehingga hasil jepretanmu tak akan mengecewakan.

Bukit Gede ini terletak di kampung Pasir Panjang, Singajaya, Cihampelas, Bandung Barat. Untuk biaya masuk per orangnya sekitar Rp15 ribu.

5. Gunung Putri

Gunung Putri Bandung Barat

Buat kamu pecinta hiking, ada satu lagi nih gunung di Bandung yang harus ditaklukkan. Ya, itu adalah Gunung Putri yang memiliki ketinggian 1.587 mdpl yang tentu sangat cocok untuk para pendaki pemula.

Untuk pendakiannya sendiri, kamu hanya perlu waktu sekitar 30 menitan saja, tapi jangan sampai dipaksakan juga ya! Berjalanlah sesuai dengan kemampuanmu saja, sambil menikmati pemandangannya yang indah di sepanjang perjalanan.

Keringatmu di sepanjang perjalanan akan terbayarkan ketika sudah mencapai puncak. Kamu akan melihat hamparan pemandangan yang sangat memanjakan mata. Sangat cocok untuk melepas lelah ataupun berfoto-foto.

Disana kamu juga bisa bercamping bersama dengan teman-teman sambil melihat indahnya matahari terbit dan terbenam.

Gunung Putri ini terletak di Desa Jayagiri, Lembang, Bandung Barat. Untuk tiket masuk per orangnya sekitar Rp17 ribu.

Baca juga: Tempat Wisata Bandung Dago yang Hits Tahun 2021

6. Puncak Eurad Pingping

curug ngebul bandung barat

Puncak ini terletak diantara Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang. Suasana ketika sudah disana memang sangat sejuk dan bisa melihat pemandangan yang hijau. Sangat cocok untuk kamu yang ingin memanjakan mata.

Kamu harus melewati perkebunan teh dan hutan pinus untuk bisa sampai ke Puncak Eurad Pingping ini. Disana sudah terdapat beberapa spot khusus yang bisa kamu gunakan untuk berfoto. Sehingga hasil jepretannya dijamin akan mempercantik feed Instagram kamu.

Puncak Eurad Pingping ini terletak di Jalan Cibodas - Ciater, Wangunharja, Lembang, Bandung Barat. Harga tiket untuk kesana tidak perlu berbayar alias gratis.

7. Curug Ngebul

Curug Ngebul Bandung Barat

Tempat wisata di Bandung Barat yang murah dan bagus yang selanjutnya bisa kamu kunjungi adalah Curug Ngebul. Kalau diibaratkan perempuan, curug ini masih perawan karena belum banyak tereksplor oleh para wisatawan.

Curug Ngebul relatif sangat sulit untuk diakses karena lokasinya relatif terpencil. Tapi setelah sampai kesana kamu akan menikmati keindahan yang diperlihatkan oleh objek wisata ini.

Memiliki tinggi sekitar 20 meter dan lebar 5 meter, air terjun ini memiliki dua tingkat. Air terjun pertama adalah air terjun tunggal yang alirannya membentuk air terjun rendah yang melebar.

Tempat ini sangat istimewa untuk kamu yang suka mengambil foto-foto dengan background alam. Ketika difoto dari kejauhan, hasilnya akan lebih menawan lagi.

Lokasi Curug Ngebul ini berada di Kampung Cisitu, Sindangjaya, Gununghalu, Bandung Barat.

8. Curug Malela

Curug Malela Bandung Barat

Tak perlu pergi ke Amerika Serikat untuk melihat indahnya dan besarnya sungai Niagara. Di daerah Bandung kamu akan menemukan Curug Malela yang dikenal dengan sungai Niagara-nya Bandung Barat. Meskipun tidak sebesar sungai Niagara, tapi pemandangannya tetap mempesona.

Memiliki ketinggian 70 meter, debit air dari Curug Malela ini terbilang cukup stabil dan bening, apalagi ketika sedang musim kemarau. Tapi untuk bisa sampai kesana kamu membutuhkan usaha yang ekstra karena jalanannya hanya bisa dilintasi dengan berjalan kaki atau sepeda motor.

Tapi setelah sampai ke tempat tujuan, semua lelahmu akan terobati dengan keindahan Curug Malela. Curug ini terletak di Kampung Manglid, Cicadas, Rongga, Bandung Barat.

9. Gunung Bendera Padalarang

Gunung Bendera Padalarang

Gunung Bendera merupakan tempat wisata Bandung Barat Padalarang yang memiliki keindahan alam yang mempesona. Gunung yang satu ini sangat ramah dengan para pendaki, bahkan untuk para pendaki pemula sekalipun.

Jalur yang harus kamu lalui untuk bisa sampai kesana tidak terlalu berat dan tidak perlu memakan banyak waktu. Dengan perjalanan sekitar 1 jam saja kamu sudah bisa sampai ke lokasi.

Di sepanjang perjalanan kamu tidak akan bosan dan lelah karena akan ditemani dengan rerumputan yang hijau. Setelah sampai ke puncak kamu juga akan betah karena bisa melihat hamparan pemandangan yang hijau dan menyegarkan mata.

Dengan segala keindahannya tersebut, Gunung Bendera ini juga sering disebut dengan Puncak Rindu. Jika ingin kesana, lokasinya berada di Kampung Pojok Desa, Jayamekar, Padalarang, Bandung Barat.

10. Batu Coklat dan Gua Purba

Wisata Bandung Barat Sanghyang Kenit

Satu lagi nih objek wisata yang tersembunyi di arus sungai Citarum Purba. Ya, tempat itu adalah Batu Coklat atau Sanghyang Kenit. Di sepanjang aliran sungai ini terdapat bebatuan yang berwarna coklat.

Aliran sungainya memang sangat tenang, sehingga terbentuk kolam renang alami yang menyegarkan. Kamu juga bisa langsung nyemplung kesana dan bermain air disana.

Di sisi sungai terdapat tebing-tebing cadas yang ditumbuhi oleh pepohonan. Nah, disalah satu sudut kamu akan menemukan gua purba dengan aliran sungainya yang kecil. Kamu bisa masuk ke dalam gua tersebut dan tentu saja harus dipandu dengan guide yang berpengalaman.

Sanghyang Kenit ini terletak di Kampung Cisameng, Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat. 

11. Taman Lembah Dewata

Taman Lembah Dewata

Lembah yang satu ini bisa diartikan sebagai taman surga yang berada di pelataran perbukitan. Untuk para pecinta alam dan fotografi sangat cocok untuk mengunjungi Taman Lembah Dewata ini.

Perbukitannya yang terhampar hijau telah mempercantik Taman ini. Bahkan dihiasi dengan adanya danau tadah hujan di bagian tengahnya. Di tepi danaunya juga terdapat dermaga kecil yang terbuat dari bambu.

Lokasi Taman Lembah Dewata ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Lembang. Lebih tepatnya berada di kawasan Cikole, disebelah kanannya kamu akan menemukan wisata berkuda Ganesha Equestrian.

Baca juga: Rekomendasi Objek Wisata Bandung Timur yang Wajib Dikunjungi

12. Gunung Batu Lembang

Gunung Batu Lembang

Masih tidak terlalu jauh dari pusat kota Lembang, masih ada destinasi wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi yakni Gunung Batu Lembang. Gunung yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk berburu matahari terbit dan terbenam.

Ketika menghadap ke utara, kamu akan melihat langsung Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Burangrang, dan Gunung Putri. Jika melihat ke sebelah timur, kamu akan melihat penampakan dari Gunung Bukit Tunggul dan sedikit melihat penampakan gunung Manglayang.

Untuk bisa sampai ke lokasi tersebut tidak terlalu sulit, bahkan kamu bisa mengaksesnya dengan menggunakan kendaraan pribadi. 

Masih banyak tempat wisata Bandung Barat 2021 yang bisa kamu kunjungi dengan keindahan alamnya yang mempesona. Beberapa diantaranya memang masih belum tereksplor dan belum mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat.

Itulah tempat wisata Bandung Barat yang mungkin bisa kamu jadikan referensi untuk pergi liburan di akhir pekan. Objek wisata di atas memang sangat cocok untuk kamu yang suka menikmati keindahan alam yang mempesona. Semoga bermanfaat.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!