Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 Penyebab HP Panas Saat Dicharger dan Solusinya

Cecepkocep.com -  Sebagian besar pengguna smartphone pasti pernah mengalami baterai panas ketika diisi daya. Kamu patut waspada ketika mengalami hal seperti itu karena kondisi HP kamu sedang tidak baik-baik saja. Lalu apa sih penyebab HP panas saat dicharge?

Satu hal yang harus diperhatikan, sebaiknya jangan pernah menggunakan HP ketika sedang dicas, kecuali jika kondisinya sedang mepet-mepet banget. Karena hal itu akan membuat HP kamu menjadi panas. Alangkah lebih baik kalau mematikan HPnya supaay pengisian daya lebih cepat.

Apa Penyebab HP Panas ketika Dicharge?

penyebab hp panas saat charger

Banyak hal yang menyebabkan HP kamu panas ketika sedang dicas. Kamu harus tahu penyebabnya supaya bisa tahu solusinya. Apa saja penyebabnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Baterai

Hal pertama harus yang menjadi penyebab kenapa HP kamu cepat panas ketika sedang dicas adalah baterainya. Penyebab itu bisa terjadi entah karena fungsi baterainya yang sudah menurun atau memang sudah rusak.

Kalau baterainya memang sudah lama, biasanya akan menyebabkan HP kamu menjadi panas ketika dicas. Kamu tinggal cek saja apakah pada bagian baterai terasa panas atau tidak. Jika terasa panas, kemungkinan baterainya memang sudah tidak berfungsi atau rusak.

Untuk mendapatkan solusinya, kamu harus langsung membawanya ke tukang servis HP terdekat. Jika memang disebabkan oleh baterai HP yang rusak, kamu bisa menggantinya dengan yang baru.

2. Charger

HP dicas panas tapi tidak mengisi biasanya disebabkan oleh chargerannya. Sebelumnya apakah kamu menggunakan charger yang sesuai dengan tipe HP yang digunakan atau tidak?

Charger yang tidak sesuai dengan HP yang digunakan bisa membuat HP kamu menjadi panas. Bahkan bisa membuat chargernya juga menjadi panas dan tidak baik untuk keberlangsungan HP maupun charger itu sendiri. Menggantinya adalah cara mengatasi charger hp panas yang paling efektif.

Biasanya proses pengisian daya baterai akan menjadi jauh lebih lambat ketika menggunakan charger yang tidak sesuai. Akibatnya, HP kamu akan menjadi lebih cepat panas. Jika sering dilakukan, baterai kamu akan lebih cepat rusak, bahkan bisa meledak.

Jadi, pastikan untuk menggunakan charger yang sesuai dengan tipe HP kamu. Kalau bisa, jangan sampai charger bawaannya rusak. Meskipun rusak, kamu harus menggantinya dengan yang ori.

3. Faktor Lingkungan

Selain chargeran dan baterai, lingkungan juga bisa menyebabkan HP kamu lebih cepat panas ketika sedang dicharger. Misalnya kamu meletakkan HP di atas bantal atau kasur, sehingga sirkulasi panas pada smartphone kamu tidak terbuka.

Atau kamu cas HP di bawah sinar matahari, sehingga akan cepat panas. Pastikan untuk charge HP di tempat yang memiliki sirkulasi udara baik dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Tidak hanya bagian belakangnya saja yang panas, paparan matahari juga bisa membuat layar smartphone kamu menjadi panas. Akibatnya, fungsi dari layar sentuh smartphone kamu menjadi menurun. Bahkan tidak akan bisa digunakan lagi.

4. Data Internet Tidak Dimatikan

Ketika sedang dicas, sebaiknya matikan koneksi internetnya atau gunakan saja mode pesawat. Pasalnya smartphone kamu akan tetap bekerja untuk mencari sinyal. Mending kalau di lokasi kamu punya sinyal yang bagus, bagaimana kalau tidak?

Proses pencarian sinyal itu tetap akan terus berjalan karena aplikasi yang berjalan di belakang layar tetap bekerja. Dengan mematikan data internet atau mengubahnya menjadi mode pesawat akan membuat aplikasi tersebut berhenti sementara waktu.

Baca juga: Ngga Sampai 1 Menit! Ini Cara Scan Foto di HP dengan Mudah

5. Menggunakan Aplikasi Berat Terlalu Lama

Bermain game seperti PUBG Mobile tentu saja akan cukup menguras daya baterai karena termasuk aplikasi yang berat. Tidak hanya game saja, aplikasi streaming juga terbilang cukup berat karena membutuhkan koneksi internet supaya videonya tetap berjalan.

Hal itu akan membuat aplikasi akan terus berjalan dan menghabiskan banyak daya baterai. Jika terus digunakan, HP kamu justru akan semakin panas. Hal ini akan lebih parah lagi ketika menggunakanya ketika sedang dicas.

Sebaiknya hentikan dulu untuk menggunakan aplikasi-aplikasi berat seperti game dan streaming supaya pengisian daya baterai lebih optimal. Selain itu, pengisian baterai juga akan memakan waktu yang sangat lama jika dicas sambil digunakan.

6. Casing Tambahan yang Tertutup

Ketika kamu membeli casing, pastikan untuk memperhatikan sirkulasi udaranya. Jangan sampai casing itu menutup semua bagian body smartphone, karena akan mempersulit smartphone untuk mencari sinyal. 

Ketika smartphone kamu sangat panas ketika dicas, sebaiknya lepas saja supaya sirkulasi udara pada smartphone kamu menjadi lebih baik. 

Jika HP kamu masih tetap saja panas ketika dicas, kamu bisa langsung konsultasikan kepada tukang service terdekat. Karena mereka akan tahu apa masalah yang terjadi smartphone kamu.

Itulah beberapa penyebab HP panas saat dicharger. Satu hal yang benar-benar harus diperhatikan adalah jangan menggunakan HP ketika sedang dicas. Lebih baik matikan atau ubah ke mode pesawat supaya pengisian baterai menjadi lebih optimal.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Berlangganan via Email