Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengenal 5 Jenis Ventilator Fan yang Banyak Digunakan

blow ventilation fan

Cecepkocep.com - Exhaust fan menjadi salah satu aksesoris yang dimiliki oleh setiap orang yang ingin memiliki rumah sehat. Penggunaan blow ventilator fan ini bisa membuat penghuni rumah bisa menghirup udara segar. Selain itu mereka juga bisa terhindar dari udara kotor yang bisa mengkontaminasi tubuh mereka.

Sebenarnya Jendela rumah Anda termasuk sistem sirkulasi udara yang sama seperti exhaust fan, hanya saja masih tradisional. Jendela rumah tidak bisa menyalurkan udara yang bersih dan segar. Selain itu jendela rumah juga tidak bisa menghilangkan bau di dalam rumah.

Exhaust fan tentu saja bisa bekerja dengan lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan jendela rumah. Bahkan exhaust fan ini juga terdapat beberapa jenis yang bisa Anda pasang sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah jenis-jenis exhaust fan yang ada di pasaran.

1. Exhaust Fan Langit-Langit

Jenis exhaust fan yang pertama ini bisa Anda pasangkan di dapur atau di area yang tidak dilengkapi area terbuka. Pasalya model exhaust fan ini akan terhubung langsung dengan saluran pembuangannya yaitu Mechanical Ventilation Heat Recovery System (MVHR).

Ventilator Blower ini terletak di bagian belakang loteng yang menggunakan pipa sebagai penyalur udara dari dalam ke luar rumah. Sehingga penggunaan dari exhaust fan yang satu ini tidak serumit yang dibayangkan.

Exhaust fan yang dipasang di langit-langit ini tersedia berbagai merk dan ukuran kipasnya mulai dari ukuran 8 inci, 10 inci, hingga 12 ini. Sebelum memutuskan akan memasang jenis exhaust fan ini, pastikan kalau luas rumah Anda sangat memadai.

Dengan begitu, proses sirkulasi udara yang terjadi di rumah Anda akan berjalan dengan lebih maksimal. Sehingga exhaust fan bisa bekerja dengan maksimal dan menghasilkan udara yang segar.

2. Exhaust Fan Jendela

Jenis exhaust fan yang satu ini sangat cocok digunakan untuk menjaga sirkulasi udara di dalam kamar, ruang atau, atau ruang keluarga. Karena exhaust fan ini bisa dipasang pada jendela kaca, sehingga pemasangannya akan jauh lebih mudah.

Akan tetapi kaca jendela yang digunakan harus memiliki ketebalan mulai dari 3 hingga 7 mm supaya tidak pecah. Kemudian jendelanya harus menghadap ke area terbuka agar kotoran dari dalam ruangan bisa langsung dibuang ke luar.

Jika ruangan kamu tidak berhadapan langsung dengan area terbuka, Anda bisa memasangnya berhadapan dengan ruangan yang memiliki ukuran lebih besar. Sehingga sirkulasi udara akan tetap berjalan dengan baik. Tapi akan jauh lebih efektif jika langsung membuangnya ke udara terbuka di luar rumah.

3. Exhaust Fan Dinding

Dibandingkan dengan exhaust fan langit-langit, exhaust fan dinding memerlukan pemasangan yang jauh lebih sederhana. Cara kerjanya juga sangat mudah karena akan membuang udara keluar rumah tanpa harus menggunakan saluran pipa seperti exhaust fan langit-langit.

Exhaust fan dinding ini akan jauh lebih efektif jika dipasang di area terbuka seperti ruang makan. Exhaust fan ini tentu saja akan membuat suasana ruangan Anda menjadi lebih modern. Selain itu, Anda juga bisa menghirup udara yang segar dan sehat.

Baca juga: Menilik Segudang Manfaat Kitchen Set untuk Keperluan Dapur

4. Inline Exhaust Fan

Komponen dari Inline Exhaust Fan ini jauh lebih kompleks dibandingkan dengan exhaust fan di atas. Di dalamnya terdapat saringan dalam, saringan luar, kipas penyedot, dan pipa.

Komponen-komponen tersebut memiliki peranan yang sangat penting untuk menghisap uap air dan udara kotor dari ruangan yang tidak memiliki akses ke luar ruangan. Sehingga cara pemasangan dari exhaust fan ini juga lebih kompleks.

Inline Exhaust fan ini harus dipasang di tengah-tengah saluran yang menghubungkan saringan luar dan dalam. Sehingga ruangan tersebut bisa terhubung dengan udara terbuka.

Oleh karena itu inline exhaust fan ini sangat cocok dipasangkan di ruangan yang terisolasi dari luar. Misalnya digunakan untuk kamar mandi yang biasanya jauh dari luar ruangan.

5. Exhaust Fan pada Cooker Hood

Exhaust fan ini juga ada yang berupa cooker head yang tentu saja bisa Anda pasangkan dengan alat memasak seperti kompor. Exhaust fan ini sangat berguna untuk menghilangkan asap, uap atau bau dari proses memasak.

Exhaust Fan pada cooker hood ini bisa membuat kinerja dari exhaust fan pada plafon maupun dinding dengan lebih cepat. Sehingga asap kotor atau bau di dalam rumah bisa dengan cepat disingkirkan.

Exhaust fan sangat cocok dikombinasikan dengan sistem ventilasi rumah yang natural sehingga sirkulasi udaranya bisa tetap berjalan dengan lancar. Kualitas udara di dalam ruangan juga akan tetap segar dan sehat.

Itulah beberapa jenis exhaust fan yang bisa Anda coba pasang di dalam rumah supaya bisa menghirup udara yang segar dan sehat. Sekarang memang sudah banyak yang jual blow ventilator fan yang bisa Anda beli. Tapi pastikan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Cecep Suparman
Cecep Suparman Breaks the Limits!