Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak & TidakTerbaca

Cecepkocep.com - Kartu memori kamu mungkin pernah mengalami kerusakan tanpa tahu sebab yang pasti. Sebaiknya jangan panik dulu karena cara memperbaiki kartu SD yang rusak terbilang cukup mudah. Kamu bisa mencoba berbagai teknik perbaikan supaya kartu SD kamu bisa digunakan kembali.

Kartu memori ini tentu saja termasuk komponen yang sangat penting karena berfungsi untuk menyimpan data. Apalagi jika di dalamnya terdapat banyak sekali file-file penting.

Rusaknya kartu memori bukan berarti semua file yang ada di dalamnya akan hilang begitu saja. Tapi dalam beberapa kasus tertentu data-data tersebut akan hilang dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Tanda Kartu SD Rusak

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak

Ada beberapa tanda yang biasanya akan muncul ketika kartu SD kamu mengalami kerusakan. Jika tanda-tanda tersebut sudah muncul, maka kartu memori kamu sedang tidak baik-baik saja. Beberapa tanda tersebut adalah sebagai berikut.

  • Foto-foto yang ada di Galeri yang sebelumnya tersimpan dalam kartu memori akan hilang.
  • Muncul pemberitahuan bahwa memory card kamu sedang error atau tidak bisa diakses.
  • Kartu memori tidak muncul ketika kamu membukanya melalui sistem.
  • Kamu tidak bisa menyalin, menambahkan, dan menghapus file yang ada di kartu memori.

Jika sudah muncul tanda-tanda seperti itu, sudah bisa dipastikan kalau kartu SD kamu sedang bermasalah. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena semua data yang ada di dalamnya kemungkinan masih bisa terselamatkan.

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak

Setelah muncul tanda-tanda seperti di atas, kamu sudah harus mulai memperbaikinya. Tapi perlu ditekankan bahwa cara yang kami sampaikan disini tidak sepenuhnya akan membuat kartu memori kamu pulih sepenuhnya.

Cara memperbaiki kartu SD tidak terbaca bisa disebabkan oleh berbagai hal. Sehingga cara memperbaikinya juga berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa tps memperbaiki kartu SD yang bisa kamu coba.

1. Bersihkan Dulu Kartu Memori

Ketika memori kamu tidak terbaca oleh smartphone ketika sudah dimasukkan, cara pertama yaitu bersihkan terlebih dahulu. Bagian pertama yang harus kamu bersihkan adalah bagian konektornya yang berwarna kuning.

Jika cara ini berhasil, maka kamu tidak perlu memformat data yang ada di dalam kartu memori. Karena yang menjadi penyebabnya adalah bagian fisik dari kartu memori.

Jika kartu memori tidak terbaca, keluarkan dari smartphone, kamera, atau action cam. Kemudian bersihkan bagian lempengan tembaga yang berwarna kuning. Gosok secara perlahan dan hentikan jika dirasa sudah bersih.

Jika sudah bersih, masukkan kembali ke dalam smartphone dan cek apakah terdeteksi atau belum. Jika masih belum terbaca, kamu bisa mencoba cara yang lainnya di bawah.

2. Coba Kartu SD di Smartphone Lain

Untuk memastikan bahwa kartu SD kamu rusak, kamu bisa menjajalnya di smartphone lain. Karena bisa saja yang rusak itu adalah slot pada smartphone, bukan pada kartu memori.

Kamu bisa mencobanya pada smartphone lain kemudian cek apakah kartu memori kamu terbaca atau tidak. Jika memang terbaca, berarti yang bermasalah adalah slot kartu memori kamu.

Jika memang kartu SD kamu masih tetap tidak terbaca, kamu bisa mencoba cara yang lainnya di bawah ini.

Baca juga: Penyebab HP Panas Saat Dicharger dan Solusinya

3. Cek Kartu SD di Laptop/PC

Untuk memastikan bahwa kartu memori itu rusak atau tidak bisa melalui PC atau laptop. Cara yang satu ini bisa kamu coba jika kartu SD benar-benar tidak bisa diformat.

Pertama, masukan kartu SD ke dalam smartphone. Kemudian hubungkan dengan laptop atau komputer menggunakan kabel data.

Jika sudah terhubung dengan komputer, ubah Media Transfer Mode (MTP) menjadi mode Mass Storage Mode (MSC).

Kemudian buka Windows Explorer, lalu klik kanan pada drive kartu SD. Pilih menu Properties > Tools > Error Checking. Tunggu hingga proses pengecekkan selesai.

Jika proses pengecekkan telah selesai, eject dan putuskan hubungan laptop dengan smartphone. Setelah itu cek apakah kartu memori kamu sudah terbaca atau tidak.

Di atas adalah cara memperbaiki kartu SD yang rusak tanpa memformat yang bisa kamu coba. Jika memang masih tidak terbaca, berarti kamu harus mencoba untuk memformatnya. Kamu harus mengetahui cara memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca sama sekali di bawah ini.

4. Format Kartu SD di Smartphone

Jika cara diatas masih tidak berhasil, terpaksa kamu harus memformat data di dalam kartu memori. Dengan begitu, semua data yang ada di kartu memori akan hilang dan tidak bisa dikembalikan.

Karena mungkin saja kartu memori kamu tidak terbaca disebabkan oleh data rusak yang ada di dalamnya. Sehingga data yang lainnya juga akan terganggu dengan data tersebut. Untuk menghilangkan data yang rusak itu, kamu harus memformatnya.

Memformat kartu memori di smartphone bisa dilakukan secara manual maupun menggunakan aplikasi. Untuk cara manualnya, kamu tinggal masuk ke menu Settings > Storage > Portable Storage, kemudian pilih drive kartu SD kamu.

Kemudian pilih menu Storage settings > Format > Erase & Format. Jika sudah, tunggu proses penghapusan data hingga selesai. Pilih tombol Done jika prosesnya telah selesai.

Note:

Langkah di atas untuk setiap smartphone akan berbeda-beda tergantung merk smartphone. Tapi biasanya langkah di atas hampir sama untuk semua smartphone

Jika tidak ingin melakukannya secara manual, kamu bisa menggunakan aplikasi memperbaiki kartu memori. Kamu bisa mencari aplikasinya di Google Play Store atau App Store.

5. Format Kartu SD di Laptop/PC

Jika setelah diformat dengan menggunakan smartphone masih belum terbaca, kamu bisa mencoba cara terakhir. Ya, cara terakhir ini yaitu dengan menggunakan laptop atau komputer.

Untuk menghubungkan kartu memori dengan laptop bisa menggunakan card reader. Pastikan untuk backup data terlebih dahulu data yang ada di memori card ke laptop/komputer.

Kemudian buka Windows Explorer dan pilih drive kartu SD. Klik kanan lalu pilih format. Tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah itu cek apakah kartu SD masih bisa dipakai atau tidak.

Jika kelima cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar kartu memori SD kamu sudah tidak bisa digunakan kembali. Jika masih penasaran, kamu bisa langsung data ke tukang servis yang sudah berpengalaman.

Penyebab Kartu Memori Tidak Terbaca

Banyak hal yang bisa menyebabkan kartu memori tidak terbaca. Salah satunya adalah lempengan tembaga yang berwarna kuning. Ini adalah komponen yang sangat penting dalam kartu memori.

Bagian inilah yang akan menghubungkan kartu memori dengan smartphone. Jika lempengan tersebut sudah rusak, kemungkinan besar kartu memori tidak akan terbaca oleh smartphone maupun perangkat lain seperti kamera.

Virus juga bisa menjadi penyebab kartu memori tidak terbaca. Virus ini bisa berasal dari perangkat lain seperti komputer. Oleh sebab itu hati-hati ketika akan menghubungkan smartphone dengan komputer yang sudah memiliki banyak virus.

Virus ini juga bisa berasal dari internet ketika kamu sedang browsing. Biasanya kamu akan mendapatkan notifikasi yang terklik hingga akhirnya terunduh. Bisa saja file yang terdownload itu adalah virus yang berbahaya untuk smartphone kamu.

Itulah cara memperbaiki kartu SD yang rusak yang bisa kamu coba. Jika semua cara di atas, kamu bisa bisa coba memperbaikinya ke tukang servis yang ahli. Selain itu, pastikan juga untuk merawat kartu SD dengan baik supaya awet.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Berlangganan via Email