Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Ternak Sapi Limosin Sampai Panen dan Menghasilkan

Cecepocep.com - Harga ternak sapi limosin sangat mahal, bahkan bisa mencapai Rp20 juta per ekornya. Tapi untuk bisa menghasilkan sapi limosin yang berkualitas tidaklah mudah. Cara ternak sapi limosin tidak semudah yang dibayangkan.

Sebagian besar masyarakat di perkampungan sangat menyukai hewan ternak sapi limosin. Jenis sapi ini memiliki postur tubuh yang besar dan berbobot sehingga nilai jualnya sangat tinggi. Tidak heran jika harga satu ekor sapi ini sangat mahal.

Karakteristik Sapi Limosin

cara-ternak-sapi-limousin

Karakteristik dari jenis sapi ini yaitu berwarna coklat tua. Kecuali di sekitar ambing berwarna putih, dan di sekitar mata berwarna lebih muda. Sapi limosin in pertama kali diperkembangbiakan di Prancis.

Karakteristik lainnya dari sapi limosin adalah sebagai berikut.

  • Memiliki tinggi mencapai 1,5 meter,
  • Tubuhnya diselimuti oleh bulunya yang tebal
  • Memiliki warna kuning hingga merah keemasan,
  • Memiliki tanda berwarna cerah,
  • Ketika lahir bobotnya berukuran kecil hingga medium,
  • Berat sapi betina bisa mencapai 575 kg,
  • Sementara berat sapi betina dewasa bisa mencapai 1100 kg.

Kenapa Harus Ternak Sapi Limousin?

Dari karakteristik yang telah kami jelaskan sebelumnya, sapi limosin memiliki berat badan yang sangat besar. Hal itulah yang akan membuat nilai jual dari sapi limosin sangatlah tinggi.

1. Permintaan dan Harga yang Tinggi

Dari hari ke hari, permintaan hasil ternak sapi kian terus meningkat. Bahkan permintaan yang tinggi ini membuat para peternak dan pedagang sapi limousin kewalahan. Pasalnya stok dari sapi limousin ini juga sangat terbatas.

Permintaan sapi limousin ini semakin tinggi beriringan dengan banyaknya restoran dan warung makan di Indonesia. Harga anakan sapi limousin lokal yang berumur 4 hingga 6 bulan bisa mencapai 6,5 juta per ekor. Sementara untuk sapi limousin import mencapai 7,5 juta.

Dengan harganya yang sangat mahal, tentu saja peluang usaha ternak sapi limousin ini bisa terus Anda kembangkan. Karena harga sapi dewasa yang sudah punya bobot yang berat akan jauh lebih mahal.

2. Pertumbuhan Lebih Cepat

Keistimewaan lainnya dari sapi limousin adalah proses pertumbuhannya yang lebih cepat. Sehingga untuk mencapai sapi yang berbobot besar hanya memerlukan waktu yang cukup singkat.

Karena tidak memerlukan waktu yang lama, banyak peternak yang lebih suka memelihara sapi limousin. Mereka bisa panen dan mendapatkan keuntungan dengan waktu yang tidak terlalu lama.

Bahkan sapi limousin ini juga terbilang cukup kuat terhadap berbagai hama dan penyakit, terutama antraks. Penyakit ini telah membuat rugi banyak para peternak beberapa waktu lalu. Karena penyakit ini sangat berbahaya untuk pertumbuhan hewan ternak.

Kualitas dari sapi limousin juga tidak perlu diragukan lagi. Banyak yang menyebut kalau jenis sapi ini memiliki kelezatan tersendiri untuk disajikan. Inilah yang menjadi nilai jual dagin sapi limousin lebih tinggi dibandingkan dengan jenis sapi lainnya.

Cara Ternak Sapi Limosin

Cara beternak sapi limousin terbilang susah-susah gampang. Jika Anda sudah tahu ilmunya, beternak sapi ini tentu akan sangat gampang. Berikut ini adalah rangkuman tips beternak sapi limousin yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Perkandangan

Sebagian besar para peternak akan membuat dua kandang sapi limosin. Kandang pertama untuk individu dan yang kedua untuk kelompok.

Kandang individu memiliki ukuran 2,5 x 1,5 meter yang nantinya hanya akan ditempati oleh satu ekor sapi limousin saja. Sapi yang ditempatkan di kandang individu akan memiliki proses pertumbuhan yang lebih cepat.

Ketika sapi ditempatkan sendirian di kandang individu, dia tidak akan bersaing dengan sapi lainnya untuk mendapatkan pakan. Selain itu ruang gerak sapi akan menjadi lebih leluasa.

Sementara untuk kandang kelompok nantinya akan digunakan dalam beberapa waktu saja. Suatu ketika Anda akan menempatkan beberapa sapi ke dalam satu kandang kelompok.

Tujuan pengelompokan ini yaitu untuk mengetahui sapi mana yang lebih cepat tumbuh dan lemah. Karena di dalam kandang kelompok ini akan ada persaingan untuk mendapatkan pakan.

Sapi yang dimasukkan ke kandang kelompok ini hanya dilakukan beberapa kali saja. Proses ini tidak dilakukan dalam waktu yang sangat lama karena akan merugikan sapi yang lemah.

2. Pemilihan Bibit Sapi Limousin

Untuk mereka yang sudah lama berkecimpung di dalam dunia ternak sapi limosin pasti akan mudah untuk mendapatkan bibit yang bagus. Harga bibit sapi limosin juga bervariasi tergantung dari kualitasnya.

Lalu bagaimana cara memilih bibit sapi limousin yang baik? Anda bisa mempertimbangkan poin-poin di bawah ini untuk menentukan bibit sapi yang baik.

  • Memiliki kaki yang sehat dan tidak cacat,
  • Sapi limosin jantan memiliki 2 testis dan sapi limosin betina memiliki 4 puting,
  • Memiliki kepala yang tampak besar, tapi disesuaikan dengan postur tubuhnya,
  • Bagian leher tebal, besar, kuat, dan bergelambir,
  • Memiliki punggung yang sejajar dan lurus, tidak melengkung dan bengkok,
  • Memiliki mulut yang tampak datar,
  • Perut dan tulang rusuknya tidak melengkung ke dalam.

Pemilihan bibit jangan sampai dilewatkan begitu saja ketika akan beternak sapi limousin. Karena bibit juga memiliki dampak yang sangat besar terhadap kualitas daging. Jadi jangan sampai memilih bibit dengan sembarangan.

3. Pakan

Sapi adalah hewan ruminansia dimana pencernaannya akan melalui tiga proses yaitu mulut, rumen, dan enzimatis. Proses pencernaan di mulut akan dibantu dengan air ludah. Proses pencernaan di rumen akan dibantu mikroba rumen, dan akan melewati rumen.

Dengan proses pencernaannya yang sangat kompleks, pakan menjadi hal yang benar-benar harus diperhatikan. Karena salah satu cara untuk melakukan penggemukan pada sapi limousin yaitu dengan pakan.

Pakan menjadi faktor utama yang bisa menentukan keberhasilan usaha ternak sapi. Jika Anda menginginkan sapi yang gemuk, berkualitas, dan sehat tentu harus memberikan pakan yang berkualitas. Sebagian besar peternak menggunakan rumput sebagai pakan.

Pastikan Anda untuk memilih pakan yang memiliki kandungan gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sapi. Pakan yang diberikan harus mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

Pakan juga harus berada dalam kondisi yang baik dan tidak tercemar kotoran atau bibit penyakit. Oleh sebab itu Anda harus mencari pakan di siang hari atau sore untuk menghindari telur cacing yang menempel pada rumput.

Pastikan Anda juga harus memiliki tempat pakan dan tempat minum yang terbuat dari bahan yang aman. Anda bisa menggunakan kayu atau tembok yang berbentuk persegi panjang sebagai tempat pakan. Sementara untuk tempat minum bisa menggunakan ember supaya mudah dibersihkan.

4. Perawatan

Sapi limousin memang sangat tahan terhadap penyakit, tapi Anda tetap harus siaga untuk menghindari kemungkinan terburuknya. Salah satunya yaitu dengan memberinya vaksin, antibiotik maupun obat cacing.

Anda juga bisa memotong kuku sapi secara rutin supaya dia merasa nyaman dan tidak merasa kesakitan. Bahkan kalau bisa setiap tiga hari sekali harus dimandikan supaya tetap bersih dan kesehatannya semakin terjaga.

5. Panen

Proses pertumbuhan sapi limousin ini terbilang cukup cepat. Sehingga Anda bisa memanennya dengan lebih cepat Setidaknya Anda membutuhkan 3 hingga 4 bulan sampai akhirnya bisa dipanen.

Jika melakukan pemberian pakan dan perawatan dengan benar, bobot sapinya akan sangat besar. Bahkan bisa mencapai berat sebesar 350 hingga 500 kg.

Itulah ulasan kami tentang cara ternak sapi limousin yang baik dan benar yang bisa Anda jadikan referensi. Proses penggemukan sapi limousin memang terbilang sangat cepat. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar jika melakukan perawatan dan pemeliharaan dengan benar.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Berlangganan via Email