Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Beli Mobil Bekas yang Aman Tanpa Kena Tipu

Cecepkocep.com - Salah satu transportasi yang banyak digunakan di Indonesia adalah mobil. Saat ini sudah banyak model mobil terbaru yang tersedia di pasaran. Tapi masih banyak orang yang ingin beli mobil bekas karena dinilai sangat murah.

Tapi bagaimanakah tips membeli mobil bekas yang masih bagus? Ini sangat penting karena sudah banyak orang yang kena tipu karena tergiur dengan harganya yang murah.

Tips Beli Mobil Bekas yang Aman

Beli Mobil Bekas

Sekarang sudah banyak pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab dengan cara menjual mobil bekas yang sudah tidak layak pakai. Sehingga nantinya Anda perlu memerlukan biaya perbaikan dengan harga yang tidak sedikit.

Untuk mendapatkan mobil bekas dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau, banyak hal yang harus Anda perhatikan. Berikut ini adalah adalah beberapa tips membeli mobil bekas yang aman.

1. Periksa Bagian Bawah Mobil

Bagian bawah mobil jarang diperhatikan oleh sebagian besar orang karena sangat sulit untuk melihatnya. Padahal dari sinilah Anda akan mengetahui kondisi mobil, terutama ketika akan membeli mobil bekas.

Anda bisa tahu apakah mobil yang akan Anda beli itu masih bagus atau tidak. Anda bisa tahu mobil bekas yang sebelumnya telah terendam banjir atau atau belum. Sehingga bisa dijadikan pertimbangan oleh Anda.

Mobil bekas yang sudah terendam banjir akan terdapat banyak karat di bagian bawahnya. Karat ini tentu saja akan mempengaruhi kinerja dari mobil bekas.  Karat ini sangat berbahaya karena akan membuat komponen bagian bawah mobil menjadi cepat rusak.

Jika mobil bekas belum terendam banjir, biasanya tidak akan berkarat meskipun di bawahnya benar-benar sudah kotor. Untuk memastikannya, pastikan Anda untuk mengecek mobil bagian bawah.

2. Periksa sistem Elektronik

Mobil yang sudah terendam banjir biasanya akan memiliki sistem elektronik yang banyak tidak berfungsi dan tidak normal. Oleh sebab itu pastikan untuk memeriksa bagian kabel dan lihat apakah sistem elektroniknya masih bekerja atau tidak.

Selain itu masih ada beberapa penjual yang mengganti sistem elektronik mobil bekas dengan yang baru. Hal ini tetap harus Anda perhatikan karena meskipun baru, tapi tetap akan berefek kepada bagian yang lainnya.

Jadi jangan tergiur dengan kondisi sistem elektroniknya yang masih baru, tapi pastikan juga komponen listrik yang lainnya. Karena juga demi kebaikan mobil Anda kedepannya.

3. Periksa Kaca dan Lampunya

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah kaca dan lampunya. Anda mungkin berpikir kalau kaca dan lampu tidak akan rusak meskipun terkena banjir. Karena keduanya sangat mudah dibersihkan oleh pemilik sebelumnya.

Meskipun begitu, Anda tetap harus tetap teliti. Coba perhatikan di dalam kaca dan mobil yang akan dibeli apakah ada  embunnya atau tidak. Jika ada embunnya, berarti mobil tersebut sudah terendam banjir.

Jika demikian, kami sarankan untuk tidak membeli mobil tersebut. Karena kedepannya mobil tersebut tidak akan lama dipakai. Meskipun lama dipakai, Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

4. Periksa Sela Sela Karet

Bagian sela-sela biasanya sangat sulit dijangkau untuk dibersihkan. Nah di sela-sela tersebut biasanya akan ada karet yang harus Anda perhatikan ketika akan membeli mobil bekas.

Mobil yang sudah terendam banjir biasanya akan memiliki sela-sela karet yang kotor. Misalnya pada bagian bagasi dan pintu. Untuk memastikannya, cobalah untuk melepas bagian karet tersebut.

Jika sudah ada sela-sela yang kotor, Anda bisa pertimbangkan kembali apakah akan kembali membeli mobil tersebut atau sebaliknya.

5. Periksa Riwayat Perbaikan

Satu lagi yang tak boleh Anda lewatkan ketika akan membeli mobil bekas adalah memeriksa riwayat perbaikannya. Kenapa ini penting? Nantinya Anda akan tahu apakah mobil tersebut sering dilakukan perbaikan atau tidak.

Perbaikan secara rutin memang sangat penting. Karena mobil yang sering di servis biasanya akan memiliki kinerja mesin yang bagus. Meskipun sudah menjadi milik Anda, pastikan Anda juga harus melakukan perbaikan secara berkala.

6. Cek Kelengkapan Dokumen

Setelah memeriksa bagian mobilnya, sekarang kita lanjut ke bagian dokumen-dokumennya. Anda pastikan juga harus cek dokumennya apakah lengkap atau tidak. Mobil yang aman tentu saja harus memiliki dokumen yang lengkap.

Anda bisa cek dokumen seperti STNK, BPKB, faktur, dan dokumen yang lainnya. Pastikan untuk menanyakan form A jika mobil tersebut adalah built up. Kemudian sesuaikan nomor rangka, nomor mesin mobil, dan kondisi sesuai yang tertera di dalam dokumen.

Pastikan bahwa nama di STNK dan BPKB sesuai dengan nama asli pemilik mobil yang akan Anda beli.

7. Waspada Terhadap Harga yang Tidak Rasional

Dalam beberapa kesempatan Anda mungkin sudah menemui penjual mobil bekas dengan harga yang tidak masuk akal. Harga yang ditawarkan bisa terlalu mahal, atau juga bisa terlalu murah.

Jika pernah mengalaminya, Anda harus hati-hati dan pastikan untuk memperhatikan kondisi mobilnya seperti pada poin-poin di atas. Mobil yang sudah terkena banjir atau kecelakaan biasanya akan dijual dengan harga yang murah.

Harga yang murah itu hanya digunakan untuk memancing pembeli supaya datang. Jadi pastikan Anda jangan tergiur dengan harganya yang murah. Tapi juga cek apakah kondisi masih bagus atau tidak.

8. Test Drive

Jika meman kondisi fisik mobilnya sudah bagus, Anda bisa melakukan test drive. Jika Anda masih baru bisa mengendarai mobil, Anda bisa membawa teman yang sudah berpengalaman.

Tujuan dari test drive ini yaitu untuk mengetahui apakah mobil yang akan Anda beli masih layak dan kondisinya benar-benar baik. Anda harus seksama ketika mengemudi mulai dari masuk ruang mengemudi hingga keluar.

Cek juga visibilitas ketika berada di belakang kemudi apakah ada bau tidak tidak enak, apakah ada  bunyi mencuit, dan sebagainya. Setelah itu Anda bisa menentukan apakah mobil tersebut memang sangat layak untuk dibeli atau justru sebaliknya.

9. Bawa Ahli Mekanik

Ketika akan membeli mobil bekas, kami sarankan untuk ditemani oleh teman Anda yang memang ahli dalam dunia otomotif. Biasanya mereka akan tahu kondisi mobil yang bagus dan tidak.

Anda bisa meminta tolong teman yang lebih berpengalaman untuk melakukan pengecekkan. Jika tidak ada, Anda bisa memanggil ahli mekanik untuk memahami kondisi mobil yang akan Anda beli.

Baca juga: Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak

10. Beli Mobil di Dekat Lokasi Anda

Karena mobil yang akan Anda beli adalah bekas, pemilik biasanya sudah menggunakan mobil ke berbagai tempat. Anda perlu menyaring target mobil dari jarak tempuh yang sudah dilaluinya.

Akan lebih aman jika membeli mobil bekas tidak terlalu jauh dari lokasi Anda saat ini. Karena jika ada sesuatu yang tidak diinginkan, Anda bisa komplain kepada pemilik sebelumnya.

Itulah beberapa tips beli mobil bekas murah yang bisa Anda jadikan referensi. Membeli mobil bekas memang tidaklah mudah, terutama untuk mendapatkan mobil bekas yang masih bagus. Semoga bermanfaat.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!

Berlangganan via Email