Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Responsif Horizontal To Vertikal

Pemula Harus Tahu! Ini 8 Tingkatan Rank Di Mobile Legend

Cecepkocep.com - Siapa yang suka mengklasifikasikan pemain dari tingkat rank-nya? Itu memang tidak salah karena tingkatan rank juga bisa menentukan skill. Kalau kamu baru main, terdapat 8 rank di Mobile Legend sampai rank tertinggi.

Jika berhasil memperoleh kemenangan, kalian bisa melangkah ke rank yang lebih tinggi. Tapi tentu untuk mencapai rank yang tertinggi tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Syarat Main Rank Mobile Legend

rank di Mobile Legend
Gambar: GameTweeps

Kalian tidak akan bisa bermain di mode ranked jika persyaratan belum terpenuhi. Setidaknya terdapat 4 syarat yang harus kalian penuhi jika ingin bermain rank.

Apa saja keempat syarat itu? Simak ulasan kami di bawah ini.

1. Punya 5 Hero

Syarat pertama yang harus kalian penuhi adalah memiliki minimal 5 hero. Lebih banyak hero tentu saja lebih bagus. Sehingga nanti kalian akan lebih leluasa ketika memasuki draft pick hero.

Dengan memiliki setidaknya lima hero, kalian tidak akan kekurangan hero ketika draft hero. Kalau banyak hero, kalian bisa menyesuaikan dengan meta yang ada di dalam game.

2. Akun Minimal Level 8

Saat pertama kali bermain Mobile Legends, maka kalian harus menyelesaikan tutorial terlebih dahulu. Selain itu kalian juga harus bermain beberapa match hingga akhirnya mencapai level 8.

Setelah akun kalian mencapai level 8, kalian baru sudah bisa bermain mode rank di Mobile Legends. Untuk mencapai level tersebut, kalian harus sering bermain mode classic terlebih dahulu.

3. Credit Score Minimal 90 Poin

Seiring berjalannya waktu Moonton semakin ketat dalam membuat peraturan di mode ranked. Untuk bisa bermain di mode ranked, credit score kalian harus lebih dari 90 poin.

Kalau belum mencapai 90, bermain di mode VS AI atau Classic terlebih dahulu hingga mencapai angka tersebut.

Perhatikan juga kalian jangan sampai melakukan hal-hal yang bisa mengurangi credit score menurun. Misalnya dengan melakukan AFK (Away From Keyboard), menjadi feeder, berkata kasar, dan ngetroll.

4. Sinyal Memadai

Untuk sekarang Moonton tidak memperbolehkan pemainnya bermain rank jika sinyalnya tidak memadai. Maksud memadai disini yaitu jika sinyal kalian berwarna merah.

Meskipun kalian bisa main juga percuma karena akan banyak lag ketika sudah berada di dalam game. Jika saran kami jangan memaksa main jika sinyalnya sedang jelek.

Yang ada justru kalian akan kehilangan credit score karena dianggap AFK.

Urutan Rank Di Mobile Legend

Setelah tahu syarat apa yang harus kalian penuhi untuk main di mode rank, sekarang kalian bisa langsung push. Untuk urutan ranknya sendiri bisa kalian simak ulasan kami di bawah ini.

1. Warrior

Ketika sudah memenuhi syarat di atas, status kalian sudah berada di rank Warrior ML. Jadi Warrior ini adalah rank terendah yang ada di Mobile Legends. Untuk untuk melewati rank ini tergolong cukup mudah.

Untuk di rank Warrior sendiri ada tiga tingkatan yang harus dilalui yaitu Warrior III hingga Warrior I. Setelah berhasil memenangkan pertandingan kalian bisa mendapatkan satu bintang, atau 2 gold jika berhasil win streak.

Ketika masih di rank Warrior, bintang kalian tidak akan berkurang meskipun mengalami kekalahan. Jadi kalau masih pemula, lebih baik puas-puasin aja di rank ini untuk mengasah skill kalian.

Ketika season berganti atau reset season, kalian akan memperoleh hadiah berupa 1 Fragment Skin Premium, 1000 Battle Point, dan 100 Ticket. Untuk memperoleh hadiah yang lebih besar kalian harus melewati rank ini ke rank berikutnya.

2. Elite

Setelah  berhasil melewati Warrior, selanjutnya kalian akan mencapai rank Elite. Sama seperti di Warrior, di rank Elite ini juga terdapat tiga tahapan yang harus dilalui yaitu Elite III hingga Elite I.

Tapi jumlah bintang yang harus kalian kumpulkan di setiap tahapannya berbeda dengan di rank Warrior. Jika di rank Warrior kalian harus mengumpulkan 3 bintang di setiap tahapannya. Maka di rank Elite kalian harus mengumpulkan 4 bintang.

Dengan kata lain, waktu yang kalian butuhkan untuk berada di rank ini lebih lama dibandingkan dengan rank Elite. Tapi kalau skill kalian sudah jago, kalian bisa melewati fase ini dengan mudah.

Hadiah yang akan kalian dapatkan ketika reset season adalah 3 Fragment Skin Premium, 2000 Battle Point, dan 200 Ticket.

3. Master

Setelah berada di rank ini, kalian akan lebih kesulitan untuk memenangkan pertandingan. Karena skill pemain yang sudah mencapai rank ini sudah jago-jago. Kalau sudah mencapai rank ini, seharusnya kamu juga sudah jago.

Jadi sebaiknya kamu jangan menggunakan jasa joki atau GB akun ketika skill masih di bawah rata-rata. Lebih baik berada di rank yang lebih lama sambil mengasah skill dari pada harus terbantai di rank atas.

Ketika di rank Warrior dan Elite kalian akan berhadapan dengan bot. Tapi setelah mencapai rank Warrior kalian akan bertemu dengan pemain asli.

Untuk tahapan di rank Master juga lebih banyak dibandingkan kedua rank sebelumnya. Kalian harus melewati tahapan Master IV sampai Master I untuk lolos ke rank berikutnya. Untuk setiap tahapannya kalian harus mengumpulkan 4 bintang.

Ketika sudah mencapai rank ini, kami sarankan kalian sudah mempunyai hero andalan. Selain itu pelajari juga skill-skillnya dan pelajari sedikit demi sedikit tentang skill makro.

Untuk hadiah yang akan kalian dapatkan ketika sudah mencapai rank ini adalah Skin Eklusif Season, 4000 Battle Point, dan 300 Ticket.

4. Grandmaster

Kalian akan lebih kesulitan lagi setelah mencapai rank Grandmaster. Karena ada lima tahapan yang harus kamu lalui di rank ini mulai dari Grandmaster V sampai Grandmaster I.

Bahkan bintang yang harus kalian kumpulkan untuk setiap tahapannya berjumlah 5. Sehingga waktu yang kalian butuhkan untuk melewati rank ini tergolong sangat lama.

Ketika sudah mencapai rank ini, kalian tidak akan lagi bertemu dengan bot seperti di rank-rank sebelumnya. Kalian sudah benar-benar akan bertemu dengan pemain real. Bahkan sudah punya skill yang sangat bagus.

Hadiah yang akan kalian dapatkan setelah reset season adalah Skin Eksklusif Season, 7000 Battle Point, dan 600 tiket.

5. Epic

Epic merupakan rank neraka yang akan membuat kalian skot jantung. Bahkan kalian akan lebih lama menghabiskan waktu ketika berada di rank Epic ML ini karena beberapa alasan.

Ketika sudah mencapai rank Epic, kalian akan menggunakan sistem draft pick hero sebelum bertanding. Jadi hero yang digunakan di setiap tim tidak boleh sama.

Pada proses drafting hero itu kalian juga akan melakukan banned hero terlebih dahulu. Banned hero sendiri adalah melarang hero yang tidak boleh digunakan oleh kedua tim. Hero-hero yang di-banned biasanya adalah hero yang overpower.

Sama seperti di Grandmaster, di rank Epic ini juga terdapat lima tahapan yang harus kalian lalui. Dan di setiap tahapannya terdapat lima buah bintang yang harus dikumpulkan.

Ketika sudah mencapai rank ini, pastikan kalian sudah harus sering mabar Mobile Legend. Karena kalau bermain solo itu sangat sulit untuk melewati rank ini. Minimal kalian bermain trio (tiga orang) untuk meminimalisir kekalahan.

Hadiah yang akan kalian dapatkan setelah reset season adalah Skin Eksklusif Season, 12000 Battle Point, dan 1000 Ticket.

6. Legend

Jumlah tahapan dan jumlah bintang yang harus dikumpulkan untuk melewati tahap ini sama seperti di Epic. Karakteristik para pemain Legend ini hampir sama seperti di Epic, terutama untuk Legend V hingga Legend IV.

Untuk tier Legend III ke atas skill para pemainnya rata-rata sudah jago. Tak hanya sudah menguasai skill mekanik masing-masing hero, tapi juga skill makronya. Jadi kalian juga harus benar-benar upgrade skill ketika sudah berada di rank ini.

Seperti biasa, bermain solo adalah langkah yang kurang baik kalau kalian ingin push rank di tier ini. Tapi bermain skuad hingga lima orang juga merupakan langkah yang bagus karena nantinya juga akan bertemu dengan skuad yang jago.

Saran kami lebih baik bermain trio supaya kemungkinan untuk menangnya lebih tinggi. Tapi pastikan hero core dari tim kalian sudah jago dan bisa diandalkan.

Hadiah yang akan kalian dapatkan setelah reset season adalah Skin Eksklusif Season, 20000 Battle Poin, dan 1500 Ticket.

7. Mythic

Untuk mencapai rank Mythic ini tentu sangat sulit. Tapi kalian akan mendapatkan kebanggaan tersendiri ketika sudah mencapai rank ini.

Berbeda dengan tier sebelumnya, pada rank ini tidak menggunakan lagi sistem Mythic V – Mythic I. Tapi sudah menggunakan sistem Mythic Point. Poin ini akan bertambah jika menang dan berkurang jika kalah.

Ketika pertama kali bermain di rank ini, kalian juga akan dihadapkan pada Placement Match. Pada Placement ini terdiri dari 10 pertandingan yang akan menentukan posisi kamu di rank Mythic.

Ketika sudah mencapai rank ini, bukan hal yang tak mungkin kalian akan bertemu dengan pro player atau content creator. Misalnya bertemu dengan tim esports Mobile Legends (misal RRQ Hoshi dan EVOS Legends) yang sedang berlatih.

Di akhir season, kalian akan mendapatkan hadiah berupa Skin Eksklusif Season, Expression Mythic, 2000 Battle Point, dan 1500 Ticket.

8. Mythical Glory

Kalau total Mythic Point kalian sudah mencapai 600 poin atau lebih, maka kalian sudah berada di rank Mythical Glory. Rata-rata pemain yang sudah mencapai rank ini tujuan utamanya bukan lagi memenangkan pertandingan.

Sebagian besar pemain ingin meningkatkan MMR hero andalan mereka. Bahkan mereka bakal sering pamer MMR maupun Win Rate ketika proses drafting hero.

Bahkan para pemain yang masuk dalam leaderboard juga sudah berada di rank Mythical Glory. Kalau nickname kalain pengen ada di leaderboard, lebih push sampai Mythical Glory dan perbesar MMR dan Winrate hero andalan kalian.

Cara cepat naik rank Mobile Legend tentu saja tidak semudah yang dibayangkan. Karena banyak tantangan yang harus kalian hadapi pada prosesnya. Tapi percayalah selama kalian melakukannya dengan baik, skill kalian akan meningkat.

Itulah daftar rank di Mobile Legends dari Warrior sampai Mythical Glory. Sistem rank ini sewaktu-waktu akan berubah jika Moonton melakukan pembaharuan.  By the way, sekarang kalian sudah ada di rank mana nih?

Tulis rank kalian di kolom komentar ya.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!