Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Responsif Horizontal To Vertikal

10 Cara Mengatasi Lag Mobile Legend, Nomor 7 Sering Diabaikan

Cecepkocep.com - Kalian pasti kesal kan tiba-tiba ngelag ketika sedang main Mobile Legends? Apalagi situasinya sedang teamfight dan bisa menjadi penentu kemenangan. Kalau sering mengalami masalah seperti ini, kalian harus tahu cara mengatasi lag Mobile Legend.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kenapa tiba-tiba game Mobile Legends kalian ngelag. Penasaran seperti apa cara mengatasinya? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.


10 Cara Mengatasi Lag Mobile Legend


1. Pastikan Dulu Mobile Legends Sudah Di-Update

Cara mengatasi lag Mobile Legend 2021 yang pertama adalah update dulu aplikasi Mobile Legends di ponsel kalian. Pihak developer akan melakukan pembaharuan sistem menjadi lebih baik.

Mobile Legends juga termasuk game yang sering diperbaharui oleh Moonton demi kenyamanan penggunanya. Salah satunya bisa mengatasi masalah lag yang sering kalian alami.

Pastikan untuk menunggu proses update hingga resource selesai terunduh seluruhnya. Jika kalian maksa main dengan kondisi resource belum terdownload semuanya, kemungkinan akan ngelag.

Untuk melakukan update Mobile Legends bisa dilakukan di dalam game. Karena kalian juga akan dipaksa untuk melakukan update dan akan diberikan hadiah baik berupa tiket maupun lainnya.

2. Pastikan Koneksi Internet Stabil

cek ping sinyal Mobile Legend
Cek Ping Sinyal. Gambar: Dailyspin

Cara yang kedua ini sangat penting ya guys karena sebagian besar masalah lag disebabkan oleh koneksi internet. Jadi sebelum main itu, pastikan koneksi internet kalian stabil.

Mimin sangat menyarankan untuk pakai jaringan 4G atau WiFi sendiri supaya koneksi internetnya lebih baik. Memakai jaringan WiFi umum tidak direkomendasikan karena bisa menyebabkan ping Mobile Legend naik turun.

Untuk bisa memainkan game Mobile Legends dengan lancar, pastikan ping di dalam game tidak lebih dari 200 ms. Lebih kecil tentu lebih bagus dengan indikasi berwarna hijau.

Baca juga: Cara Cek Ping Sinyal Koneksi Internet dengan Cepat dan Mudah

3. Jangan Maksain Pengaturan Rata Kanan

Selain koneksi internet yang buruk, ada juga faktor lain yang membuat Mobile Legends kalian lag salah satunya adalah grafis game. Grafis game yang bagus tentu memerlukan koneksi internet yang stabil dan spesifikasi ponsel yang mumpuni.

Kalian bisa menggunakan pengaturan “mid” atau “low” sesuai dengan koneks internet dan spek ponsel. Tapi kalau keduanya memang mendukung, langsung saja gas menggunakan grafis “High” atau “Ultra”.

Untuk cara mengatur kualitas grafis game Mobile Legends sangat mudah. Simak caranya di bawah ya.

  • Masuk ke Pengaturan atau Setting dengan tap ikon gear di pojok kanan atas.
  • Kemudian pada bagian Dasar, centang grafik Rendah atau Low.
  • Kembali bermain dan cek apakah masih lag atau tidak.

4. Close Aplikasi yang Gak Dipakai

Sebelum bermain Mobile Legends, pastikan untuk close semua aplikasi yang berjalan. Bahkan aplikasi yang berjalan di balik layar juga sebaiknya dihentikan untuk kenyamanan bermain kalian.

Mobile Legends merupakan aplikasi yang cukup berat, sehingga akan memakan cukup banyak RAM ponsel kalian. Kalau banyak aplikasi yang berjalan, maka ponsel kalian akan ngelag. Jadi pastikan hanya Mobile Legends yang aktif.

5. Aktifkan Performance Mode

Pada beberapa ponsel terbaru biasanya sudah ada fitur khusus untuk mengaktifkan performance mode. Jika ada silahkan untuk mengaturnya dari Normal mode ke performance mode.

Dengan mengaktifkan fitur ini, kemungkinan kinerja ponsel kalian akan lebih kencang dibandingkan mode normal. Cara mengaktifkan fitur ini bisa kalian simak di bawah ini.

  • Masuk ke pengaturan ponsel kalian kemudian cari bagian “Power Management”.
  • Tap menu bagian tersebut, lalu tap bagian “power saver”.
  • Kemudian pilih “mode performa”.

Setelah mode performa aktif, seharusnya kinerja ponsel kalian akan sedikit lebih baik dibandingkan mode normal.

6. Pakai Aplikasi Game Booster

Cara mengatasi lag Mobile Legend yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi game booster. Sekarang sudah banyak aplikasi game booster terbaik Android maupun iOS.

Kalian bisa download aplikasi game booster tersebut baik di Google Play Store maupun App Store. Dengan aplikasi ini kalian bisa meminimalisir terjadinya lag di Mobile Legends.

Untuk ponsel keluaran terbaru biasanya sudah tersedia aplikasi game booster bawaan. Jadi kalian gak perlu lagi download dan install aplikasi tersebut di Play Store.

Baca juga: Aplikasi Game Booster Terbaik Android yang Bikin Nyaman Main Game

7. Jangan Main Sambil Ngecas

lag Mobile Legend
Jangan main sambil ngecas. Gambar: Smart Money

Lebih baik jangan maksain main Mobile Legends kalau bateri kalian sudah low. Lebih baik cas dulu sampai penuh, setelah itu baru push rank sampai habis. Karena main sambil dicas malah bakal bikin ponsel kalian panas dan ngelag.

Tak hanya bisa mengganggu kenyamanan kalian saja, main sambil ngecas juga gak baik buat ponsel kalian. Bateri ponsel kalian bakalan cepat rusak dan cepat habis meskipun telah diisi full.

Ketika ngecas, pastikan juga untuk memakai kabel dan peralatan lain yang original. Kalau pakai casing, sebaiknya dicopot dulu karena bisa mengganggu sirkulasi udara ponsel kalian.

8. Restart Game

Kalau kalian sudah melakukan cara di atas tapi masih ngelag, selanjutnya kalian bisa restart dulu Mobile Legends. Dengan melakukan restart, kinerja ponsel juga akan sedikit lebih baik.

Kalau ponsel kalian panas, tunggu dulu beberapa saat hingga suhunya kembali normal. Kemudian buka lagi Mobile Legends dan cek apakah masih ngelag atau tidak.

Jika masih ngelag, yang bermasalah pasti ada di ponsel kalian atau ada masalah lain dari game itu sendiri.

9. Udah Ganti HP Aja!

Ganti HP aja. Gambar: Jalan Tikus

Seiring berjalannya waktu, Moonton telah melakukan banyak pembaharuan dan membuat Mobile Legends jadi lebih baik. Spesifikasi ponsel yang dibutuhkan juga lebih tinggi dibandingkan versi-versi sebelumnya.

Jujur saja bermain Mobile Legends dengan RAM 3GB saja sekarang udah cukup kesulitan. Meskipun di Play Store ukurannya kurang dari 100 MB, tapi data di dalam in game bisa mencapai 2GB lebih.

Kalau kalian ingin main Mobile Legends dengan lebih lancar, kalian memang harus pakai HP dengan spek tinggi. Tapi tenang saja karena sekarang sudah banyak juga ponsel gaming dengan harga 2 jutaan,

10. Sabar Aja, Mungkin Masalah Server

Lag yang sering terjadi di Mobile Legends bisa saja disebabkan oleh server game itu sendiri. Jika sudah begini tidak ada cara lain selain menunggu sampai Moonton memperbaiki servernya hingga kembali normal.

Oleh karena itulah di awal mimin nyuruh kalian buat terus update Mobile Legends ke versi yang terbaru. Karena bisa saja setiap upgrade itu ada perbaikan pada masalah server.

Karena jujur aja terkadang Mobile Legends itu ngelag sendiri padahal koneksi internet bagus. Ternyata bukan hanya mimin yang begitu, tapi player lain juga demikian. Ternyata masalahnya terletak pada server.

Dari sekian banyak tips di atas, pastikan kalian tidak bermain Mobile Legends dengan berlebihan. Karena tidak hanya berdampak buruk pada ponsel, tapi juga untuk kalian sendiri.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi lag Mobile Legend yang semoga bisa membantu kalian. Kalau kalian punya tips tambahan lainnya, silahkan tulis di kolom komentar ya.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!