Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Responsif Horizontal To Vertikal

15 Cara Main Mobile Legend Untuk Pemula Sampai Jadi Pro Player

CECEPKOCEP.COM - Semua orang tentu ingin menjadi pemain yang profesional dengan skill yang mumpuni. Tapi semua itu tidak akan tercapai jika kalian tidak tahu cara main Mobile Legend untuk pemula. Kalian harus tahu dulu step by step untuk menjadi pemain yang jago.

Untuk menjadi pemain Mobile Legends yang jago, kalian harus tahu tips dan triknya. Bahkan kalian juga harus rajin berlatih dengan disiplin untuk menguasai game ini baik secara mikro maupun makro. Jangankan untuk jadi pemain pro, untuk menjadi top global hero saja butuh kerja keras.


Cara Main Mobile Legend untuk Pemula

Buat kalian yang ingin bermain Mobile Legend tapi tidak tahu harus darimana dulu memulainya tidak perlu khawatir. Karena sekarang kalian sudah berada di tempat yang tepat untuk mempelajarinya.

Seperti apa tipsnya? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Pelajari Tutorial Pertama Mobile Legends

cara main mobile legend untuk pemula

Ketika pertama kali kalian bermain Mobile Legends, kalian akan disuguhkan dengan tutorial. Pada kesempatan itu, Eudora akan membimbing kalian cara bermain Mobile Legends.

Tutorial yang diberikan ini sangatlah basic, tapi memiliki dampak yang sangat besar meskipun kalian sudah jago. Pada tutorial tersebut, kalian akan diajarkan cara membunuh minion dan menghancurkan turret.

Ya, objektif dari bermain Mobile Legends adalah turret utamanya di base lawan hancur. Sejago apapun kalian, tapi objektif dari game MOBA adalah menghancurkan turret.

Tapi untuk menghancurkan turret utama tentu tidaklah mudah karena lawan tidak akan membiarkannya begitu saja. Setiap lawan akan saling berjibaku untuk saling menyerang turret hingga turret utama di base hancur.

Jadi buat pemula, sebaiknya pelajari dengan seksama tutorial yang diberikan oleh Eudora. Tapi lain lagi ceritanya ya kalau sebelumnya sudah paham dengan game MOBA meskipun bukan Mobile Legends.

2. Pelajari Role Hero


Sebelum menentukan hero apa yang akan kalian gunakan, kalian harus menentukan dulu mau role hero apa. Di Mobile Legends terdapat 6 role untuk mengklasifikasikan masing-masing hero.

Keenam role tersebut adalah tank, fighter, assassin, mage, marksman, dan support. Setiap role memiliki karakteristik dan tugas yang berbeda-beda. Pemilihan role ini bisa disesuaikan dengan gaya main kalian maunya seperti apa.

Kalau kalian adalah tipe orang yang barbar dan punya jiwa melindungi, menggunakan role support dan tank adalah pilihan yang tepat. Kalau suka adu jatos atau sparing, lebih baik kalian menggunakan fighter.

Kalau kalian suka menembak dari jarak jauh, sebaiknya menggunakan marksman atau mage. Tapi kalau mau jadi eksekutor atau mesin pembunuh, menggunakan role assassin adalah pilihan yang tepat.

Buat kalian yang ingin mempelajari tentang role yang ada di Mobile Legends, pelajari artikel di bawah. Pelajari masing-masing role hero, termasuk karakteristiknya apa saja.

Mengenal 6 Role Dasar di Mobile Legends

3. Kuasai Minimal Dua Hero


Sudah tentukan apa role yang akan kalian pakai? Kalau sudah, setelah itu pelajari hero dari role yang kalian pilih. Misalnya kalian pengen main role marksman, kalian bisa pilih Miya dan Bruno untuk dipelajari.

Miya dan Bruno itu hero marksman, berarti kalian harus jago menjaga jarak dengan lawan karena dia menembak dari jarak jauh. Salah satu karakteristik marksman adalah punya darah yang lembek, sehingga mudah mati jika kena serangan lawan.

Setelah tahu karakteristik marksman itu seperti apa, kalian bisa lanjut pelajari skill Miya itu apa saja. Perlu kalian ketahui, sebagian besar hero punya 4 skill yang terdiri dari 3 skill aktif dan 1 skill pasif.

Kalau skill aktif, berarti kalian harus menekan tombol skillnya di layar untuk mengeluarkan kekuatannya. Kalau skill pasif, berarti tidak perlu menekan skill dan akan aktif setelah syarat-syaratnya terpenuhi.

Untuk mempelajari skill hero, kalian bisa bermain terlebih dahulu di mode Practice. Pelajari setiap skillnya dengan seksama sebelum akhirnya digunakan di mode Classic atau Ranked.

4. Buat Build Item

menentukan build item

Setelah menguasai heronya, selanjutnya kalian bisa lanjut ke bagian build item. Sebelum bermain, kalian wajib menentukan terlebih dahulu build item supaya potensi untuk menang menjadi lebih besar.

Untuk build item, kalian bisa menggunakan build item yang direkomendasikan oleh Moonton. Kalain akan diberikan tiga pilihan build item yang terdiri dari Sustained DPS, Burst, DPS Jungling. Tapi setiap role akan berbeda-beda.

Kalau menggunakan build item Sustained DPS, berarti hero kalian akan lebih kuat dan punya damage per second yang lebih besar. Berbeda dengan Burst dimakan damage kalian akan besar dengan hanya beberapa kali serangan saja.

Sementara untuk DPS jungling berfungsi untuk meningkatkan efektivitas hero kalian untuk farming. Tapi jika ingin menggunakan build item ini, kalian harus memakai spell Retribution.

Selain memakai build item yang direkomendasikan oleh Moonton, kalian juga bisa menggunakan build item dari pro player. Atau juga bisa menggunakan build item yang banyak digunakan oleh pemain lainnya.

5. Tentukan Emblem

Meskipun dampaknya tidak sebesar build item, tapi Emblem juga harus kalian perhatikan. Untuk pemain pemula, biasanya kalian hanya akan memiliki dua emblem saja yaitu Physical dan Magical.

Karena kalian pakai marksman, berarti emblem yang dipakai harus Physical. Gunakan saja pengaturan emblem seandainya jika masih pemula.

Tapi seiring berjalannya waktu, pastikan kalian untuk terus upgrade level emblem tersebut. Tapi jangan sampai salah upgrade emblem karena harus sesuai dengan role hero yang kalian mainkan.

Kalau kalian suka main hero-hero marksman, sebaiknya buka emblem marksman atau assassin. Gunakan Magic Dust dengan bijak untuk upgrade emblem favorit kalian sampai maksimal.

Semakin tinggi levelnya, semakin besar pula efek yang akan kalian dapatkan dari emblem tersebut. Yang paling penting pastikan untuk membuka semua talent bagian bawah.

Kalau kalian ingin mempelajari lebih lengkap tentang Emblem, silahkan simak artikel di bawah ya.

Mengenal semua emblem mobile legends

6. Tentukan Battle Spell

Setelah menentukan emblem, satu lagi nih persiapan yang harus kalian perhatikan sebelum bermain. Ya, kalian harus menentukan battle spell yang akan digunakan di dalam game nanti.

Efek dari battle spell juga tidak begitu signifikan, tapi bisa sangat berguna untuk situasi-situasi tertentu. Misalnya Flicker untuk kabur atau mengejar lawan. Kalau kalian ingin farming dengan lebih efektif, lebih baik gunakan Retribution.

Jika pertama kali bermain, battle spell tidak akan terbuka semuanya. Kalian harus meningkatkan level akun Mobile Legends jika ingin membuka semua battle spell yang ada.

7. Selalu Perhatikan Mini Map

Sebaiknya kalian jangan langsung bermain di mode Classic atau Ranked. Untuk awal-awal bermainlah di mode VS AI terlebih dahulu untuk menjajal hero sekaligus untuk mempelajari tempat pertempuran.

Jika kalian perhatikan, di pojok kiri atas itu akan terlihat minimap yang berbentuk persegi. Minimap itu memiliki peranan yang sangat penting di dalam game karena bisa mengetahui posisi lawan sekaligus lawan.

Dengan memperhatikan minimap, kalian bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk menyerang atau bertahan. Selain itu kalian bisa tahu posisi rekan kalian yang memerlukan bantuan.

Jika hero lawan tidak muncul di minimap, kalian harus waspada karena bisa saja mereka akan menyergap kalian dari rerumputan. Pastikan untuk tidak menjadi pemain yang buta map ya kalau main Mobile Legends.

8. Naikkan Level Hero

Selain harus memperhatikan minimap, kalian juga harus menaikkan level hero yang dipakai. Untuk meningkatkan level tersebut, kalian bisa membunuh minion atau monster jungle.

Jika kalian melakukan last hit ke minion atau monster jungle, maka jumlah exp yang akan didapatkan lebih besar. Semakin besar exp yang didapatkan, semakin cepat hero kalian naik level.

Selain last hit terhadap minion dan monster jungle, last hit terhadap Turtle juga berefek besar. Bahkan semua rekan kalain akan mendapatkan exp yang lebih banyak.

Menghancurkan turret dan membunuh lawan akan lebih cepat meningkatkan level hero kalian. Sementara jika kalian menggunakan tank atau support, maka sangat wajib menggunakan item Wooden Mask untuk mendapatkan exp dan gold.

9. Mengumpulkan Gold


Selain exp, kalian juga memerlukan gold untuk membeli item yang dibutuhkan oleh hero yang kalian pakai. Untuk cara mendapatkannya hampir sama seperti dengan memperoleh exp.

Kalian harus membunuh minion, monster jungle, Turtle, turret, dan hero lawan. Kalau last hit, kalian akan memperoleh gold dengan jumlah yang lebih banyak.

Kalau level dan gold yang kalian miliki lebih banyak dari lawan, kemungkinan untuk memenangkan pertandingan menjadi lebih besar. Pertandingan di early hingga mid game biasanya sangat ditentukan oleh exp dan gold dari tiap-tiap tim.

10. Bermain Objektif

Tutorial main Mobile Legends pemula yang selanjutnya adalah bermain objektif. Maksud bermain objektif disini yaitu fokus untuk menghancurkan turret lawan jika situasinya memungkinkan.

Banyak pemain pemula yang sangat terobsesi untuk membunuh lawannya. Bukannya itu tidak penting, tapi ada hal lagi yang lebih penting yaitu menghancurkan turret.

Karena kalian dianggap sebagai pemenang bukan dari jumlah kill, tapi menghancurkan turret utama lawan. Semakin cepat kalian menghancurkan turret lawan, semakin cepat pula untuk memenangkan pertandingan.

Kalian bisa menggunakan hero Mobile Legend untuk pemula seperti Layla dan Miya supaya bisa menghancurkan turret dengan cepat. Tapi pastikan kalian melakukannya pada kondisi yang tepat.

11. Jangan Terpancing

Meskipun Mobile Legends hanyalah sebatas game, tapi pastikan kalau kepala kalian benar-benar jernih. Karena kalau pikiran kalian kalang kabut, kalian akan terpancing oleh tim lawan.

Misalnya terus mengejar hero lawan ke dalam turret karena dengan sekali hit saja bisa langsung mati. Yang terjadi bukan lawan yang mati, tapi kalian sendiri yang mati karena terkena damage turret.

Sebaiknya bermain hati-hati dan penuh perhitungan baik untuk team fight maupun satu vs satu. Salah satu yang bisa kalian pertimbangkan adalah kondisi gold dan level.

Kalau level hero dan gold hero kalian masih di bawah musuh, sebaiknya jangan melakukan inisiasi untuk team fight atau duel. Karena otomatis lawan akan memiliki atribut dan item yang lebih unggul dari kalian.

12. Peduli dengan Tanda Peringatan

Selain harus memperhatikan minimap, kalian juga harus aware dengan tanda peringatan dari rekan setim. Terdapat tanda peringatan yang harus kalian perhatikan ketika bermain Mobile Legends yaitu Attack (serang), Retreat (mundur), dan Gather (berkumpul).

Kalau kalian mendengar suara tersebut, segera beri respon sesuai dengan peringatan yang diberikan. Kalian juga bisa memberikan perintah kepada rekan setim.

Caranya yaitu dengan tap ikon yang ada di sisi kanan layar, tepatnya di bawah ikon gold. Perintah ini akan sering digunakan jika kalian bertugas sebagai support atau tank.

Kalian harus peka dengan perintah yang diperintahkan oleh tank dan support karena mereka tahu situasi yang tepat untuk menyerang atau mundur. Masih ada juga hal lain yang harus diperhatikan sebelum memberi atau merespon perintah tersebut.

13. Utamakan Kerja Sama Tim

Cara main Mobile Legend sendirian memang sangat sulit karena tidak ada komunikasi antar pemain. Salah satu cara main Mobile Legend tak terkalahkan yaitu dengan main bareng.

Kalau main bareng, kalian bisa terhindar dari pemain noob atau bocah yang asal-asalan main. Selain itu, kalian bisa menjalin kerjasama yang sangat baik dengan rekan-rekan setim jika mabar.

Meskipun teman-teman kalian tidak jago, tapi dengan kerja sama tim potensi untuk menang jadi lebih besar. Meskipun tidak bisa bermain sampai dengan lima orang, bermain bertiga juga sudah cukup.

14. Perhatikan Drafting Hero

Pemilihan hero juga harus diperhatikan ketika bermain Mobile Legends, terutama jika rank kalian sudah Grandmaster ke atas. Karena setiap rank di Mobile Legend memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Banyak juga hal yang harus diperhatikan ketika melakukan drafting hero, misalnya counter hero. Misal jika lawan pick Harith, tim kalian bisa pick Esmeralda sebagai counter utamanya.

Ketika sudah mencapai rank Epic ke atas, pada proses drafting hero juga akan memasuki banned phase terlebih dahulu. Jadi setiap tim akan melarang (banned) hero untuk tidak digunakan. Masing-masing tim akan banned 5 hero, berarti akan ada 10 hero yang akan dilarang dalam setiap pertandingan.

Oleh sebab itu kalian sudah tidak berpaku lagi pada satu atau dua hero lagi. Karena bisa saja kedua hero andalan kalian akan dibanned atau digunakan oleh lawan. Jadi kalian harus mulai lagi eksplor hero yang ada.

Biasanya hero-hero yang dilarang adalah hero yang sangat overpower. Misalnya untuk sekarang ini, Natalia dan Bendetta menjadi hero yang paling sering dibanned baik di turnamen maupun rank atas.

Dalam proses drafting hero, pastikan untuk menyesuaikan dengan META yang ada. Karena kalau sesuai dengan meta, potensi tim kalian untuk menang menjadi lebih besar.

15. Belajar dari Pro Player

Trik rahasia Mobile Legend lainnya untuk pemula yaitu belajar banyak dari pro player. Sekarang ini sudah banyak pro player yang membuat channel YouTube mereka masing-masing yang berisi tutorial.

Kalian juga bisa belajar dari gameplay turnamen seperti MPL Indonesia. Dengan sering menonton turnamen, kalian juga akan mengetahui META yang bagus untuk push rank.

Sekarang juga sudah banyak akun publik di Instagram khusus untuk belajar Mobile Legends. Salah satu akun publik di Instagram yang sangat cocok untuk belajar adalah Mobilelegendsverum.

Nah itulah beberapa tips cara main mobile Legend untuk pemula yang bisa kalian praktikan. Kunci utama supaya bisa memenangkan pertandingan di Mobile Legends dan mencapai rank tinggi yaitu dengan terus belajar. Kalian punya tips lainnya? Tulis pendapatnya di kolom komentar ya.

Cecepkocep
Cecepkocep Breaks the Limits!